Mengenal Girlband Militer Bentukan Kim Jong Un

Kabaarterkini – Korea Utara selalu penuh dengan kejutan. Bagaimana tidak, negara yang satu ini begitu tertutup dari dunia internasional. Tidak banyak yang kita ketahui mengenai kehidupan di Korea Utara. Negara ini memang secara sengaja menutup diri dan membutakan masyarakatnya mengenai kehidupan di luar negaranya. Selain untuk melanggengkan kekuasaan, hal ini juga dilakukan demi menjaga Korea Utara yang memiliki ideologi komunisme, agar tidak terikut arus ideologi lain.

Namun Korea Utara tidak dapat tidak mengikuti perkembangan zaman. Meski negara ini memiliki ‘dinding’ tebal yang memisahkan Korea Utara dari dunia, tapi pada titik tertentu tentu saja Korea Utara harus berinteraksi dengan negara lain dan mengikuti perkembangan dunia agar dapat tetap bertahan hidup. Salah satu bentuk upaya Korea Utara dalam mengikuti perkembangan zaman, adalah dengan membentuk sebuah grup musik yang semua anggotanya merupakan perempuan.

Pembentukan girlband ini dilakukan setelah demam girlband dari Korea Selatan melanda dunia di tahun 2010. Menanggapi kesuksesan negara ‘saudara’nya ini, Korea Utara pun turut membentuk girlband yang sesuai dengan aturan dan ideologi di Korea Utara. Girlband Korea Utara ini bernama Moranbong Band. Penasaran dengan seluk beluk girlband asal Korea Utara ini? Simak terus ya!

1. Moranbong Band meluncurkan debutnya bersamaan dengan viralnya video Gangnam Style dari Psy

Moranbong Band resmi meluncurkan debutnya pada 6 Juli 2012, yang berarti bahwa girlband ini telah berumur lima tahun sejak peluncurannya. Di tahun yang sama, video milik seorang musisi pendatang baru di Korea Selatan, Psy, yang berjudul Gangnam Style juga menjadi viral dan menarik perhatian dunia. Apakah kejadian ini hanya kebetulan semata? Beberapa orang percaya bahwa peluncuran Moranbong Band merupakan respon Korea Utara terhadap video Gangnam Style yang mendunia. Mungkin karena tidak ingin kalah dengan Korea Selatan yang memang selalu dimusuhinya, Korea Utara lantas meluncurkan girlbandnya sendiri.

2. Anggota Moranbong Band dipilih secara langsung oleh Presiden Korea Utara, Kim Jong Un

Ya, anggota Moranbong Band bukanlah perempuan biasa. Mereka merupakan perempuan-perempuan pilihan Kim Jong Un yang sudah terbukti kualitasnya sebagai musisi. Menurut sebuah surat kabar milik pemerintah Korea Utara, keputusan Kim Jong Un untuk mendirikan girlband ini didorong oleh rencana besar Kim Jong Un untuk merombak bidang literasi dan seni di Korea Utara secara dramatis di tahun tersebut. Usaha ini terbukti membuahkan hasil karena dengan munculnya girlband ini, lalu muncullah grup musisi lainnya di Korea Utara, termasuk girlband baru yang bernama The Chongbong Band yang dirilis pada tahun 2015 silam.

3. Tidak seperti girlband biasa, Moranbong Band terdiri dari belasan instrumentalis dan 9 penyanyi

Meski pada esensinya adalah sebuah girlband, namun formulasi girlband yang satu ini tidak seperti girlband kebanyakan. Moranbong Band terdiri dari perempuan-perempuan yang memiliki pangkat militer tinggi sehingga kesetiaannya dan jiwa militerismenya terjamin. Selain memiliki pangkat militer, anggota Moranbong Band juga merupakan musisi-musisi kawakan dengan kemampuan bermain musik yang sangat baik, bahkan beberapa pihak menyatakan bahwa teknik bermain musik para musisi Moranbong Band mendekati sempurna.

4. Lagu-lagu dari Moranbong Band memuat propaganda akan militerisme Korea Utara

Meski Moranbong Band merupakan girlband dengan aliran musik pop, namun lirik-lirik dalam lagu-lagu yang dibawakan oleh Moranbong Band merupakan lirik yang dipenuhi dengan propaganda akan kehebatan Kim Jong Un dan Korea Utara. Bahkan salah satu lagu Moranbong Band memiliki judul “Let’s Support Our Supreme Commander With Arms” yang merupakan seruan eksplisit untuk mendukung Kim Jong Un.

Tidak hanya itu, Moranbong Band juga memiliki lagu dengan judul “My Country is The Best”. Propaganda dan militerisme dalam Moranbong Band bahkan bukan sesuatu yang dilakukan secara sembunyi-sembunyi.

5. Bukan hanya lagunya, seragam Moranbong Band pun merupakan seragam militer yang sedikit dimodifikasi

Militerisme dalam Moranbong Band tidak hanya terdapat pada lirik dan lagu yang dimainkannya. Seragam anggota Moranbong Band pun sebenarnya merupakan seragam militer Korea Utara dengan sedikit modifikasi, seperti mengubah roknya menjadi lebih pendek, dan mengganti sepatu militer dengan sepatu hak tinggi. Meski mengalami modifikasi, dan menjadi bentuk penerimaan baru Korea Utara terhadap rok mini dan sepatu hak tinggi, namun unsur militerisme tetap tidak lepas dari girlband ini. Rambut mereka juga dipotong pendek layaknya perempuan dalam militer Korea Utara.

6. Praktisnya, Moranbong Band merupakan girlband militer dari Korea Utara

Pada intinya, Moranbong Band ini merupakan girlband militer. Bukan hanya karena seragam militer mereka dan pangkat militer yang dimiliki oleh para anggota Moranbong Band, namun juga karena girlband ini memang muncul pada acara-acara politik dan militer di Korea Utara. Moranbong Band menjadi band yang selalu mengiringi pemerintah Korea Utara dalam berbagai pertemuan. Saat menjamu delegasi dari negara lain, Moranbong Band pun kerap dijadikan suguhan hiburan bagi tamu-tamu diplomatik tersebut.

7. Moranbong Band sempat diundang untuk konser di Cina, meski akhirnya dibatalkan

Meski Korea Utara merupakan negara yang tertutup, namun saat muncul tawaran dari Cina bagi Moranbong Band untuk tampil di Cina, kesempatan ini tidak dilewatkan begitu saja oleh Korea Utara. Sayangnya, pertunjukan Moranbong Band di Cina harus dibatalkan di detik-detik terakhir. Alasan dibalik pembatalan tersebut adalah karena lagu-lagu Moranbong Band menurut pemerintah Cina memiliki muatan yang berpotensi menyinggung dan menimbulkan kekacauan karena menjelek-jelekkan Amerika dan mengglorifikasi Perang Korea.

Hmm, ternyata Korea Utara juga berupaya untuk mengikuti tren dan mengimbangi perkembangan yang terjadi di luar negaranya. Meski semuanya dilakukan dengan ‘cara Korea Utara’ yang serba militerisme. Bagaimanapun, Moranbong Band ini menjadi bukti bahwa Korea Utara mulai mengalami proses westernisasi. Kalau menurutmu, mana yang lebih menarik? Girlband Korea Utara ini atau girlband Korea Selatan?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s