Asal Muasal Sate Taichan Yang Sedang Hits

Kabaarterkini – Pernahkah kamu mencoba sate taichan? Sate yang satu ini sempat menjadi salah satu makanan hits yang banyak diperbincangkan di internet. Sebenarnya, sate taichan adalah sate yang sangat sederhana. Terbuat dari daging ayam yang dibumbui dengan garam dan jeruk nipis, lalu dibakar diatas bara atau bisa juga digoreng di atas wajan dengan minyak sedikit. Sate ini dihidangkan dengan sambal yang pedas, lontong, dan irisan jeruk nipis. Berbeda dengan sate biasanya, penampilan sate yang satu ini putih karena tidak menggunakan kecap atau bumbu kacang di dalamnya.

Namun rasa sate ini yang cenderung sederhana dan menonjolkan gurih asli daging ayam, membuat banyak orang jatuh hati dan ketagihan. Mereka dapat memakan sate ini hingga puluhan tusuk karena sate ini memiliki rasa yang ‘ringan’ sehingga orang tidak cepat mual atau bosan. Tidak heran jika kini sate taichan menjamur di berbagai kota dan menjadi makanan populer hanya dalam waktu yang singkat.

Dari namanya, orang-orang banyak mengira makanan hits ini berasal dari Jepang atau Korea. Anggapan itu tentunya salah besar karena sate taichan sesungguhnya merupakan kreasi abang-abang sate di daerah Senayan, Jakarta Pusat. Menurut salah satu pelopor sate taichan senayan yang bernama Pak Amir, ia mendapatkan ide kreasi sate ini dari salah satu pelanggan di warung satenya yang merupakan pasangan laki-laki Jepang dan perempuan Indonesia. Tamu yang satu ini alih-alih memesan sate seperti pelanggan pada umumnya, ia justru membumbui sate sendiri dengan garam dan jeruk nipis, lalu memakannya dengan sambal yang melimpah. Pak Amir menanyakan kepada tamu tersebut, apa nama yang baik bagi makanan tersebut dan pelanggan tersebut menjawab dengan seruan “Taichan!”.

Dari pertemuan inilah Pak Amir mendapat ide kreasi sate baru ini. Namun ia tidak membumbuinya hanya dengan garam dan jeruk nipis. Pak Amir memodifikasinya dan membumbui sate ini dengan penyedap rasa, jeruk nipis, dan minyak sayur. Ia mengajak kedua temannya sesame penjual sate di Senayan untuk turut menjajakan panganan ini. Dan sate taichan terbukti langsung menjerat hati para pelanggan sate Pak Amir. Menu baru ini membuat warung sate Pak Amir dan teman-temannya selalu penuh, bahkan sampai mengantri.

Jadi terjawab sudah misteri yang menghantui kita selama ini mengenai asal-usul makanan hits yang satu ini. Sate taichan ternyata merupakan makanan asli Indonesia, kreasi para penjual sate di Senayan yang terinspirasi oleh seorang pemuda dari Jepang. Kini, sate taichan sudah sapat ditemui di berbagai tempat, tidak lagi menjadi makanan pinggir jalan, bahkan sate taichan telah memasuki mall-mall dan dijajakan oleh sejumlah public figure seperti Rachel Vennya dan suaminya, Niko.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s