Kabaarterkini – Sederet kasus yang terjadi di Tanah Air tak semuanya dapat terselesaikan secara tuntas. Beberapa di antaranya masih menyimpan teka-teki yang sampai saat ini belum terjawab. Kasus tersebut meliputi sederet kasus pidana maupun kriminal.

Banyak kasus yang masih menggantung tak tertuntaskan. Kasus apa sajakah itu? Kami telah merangkum Kasus Kriminal Yang Menjadi Misteri di Indonesia Sampai Sekarang dihimpun dari berbagai sumber.

1 | Kasus Pembunuhan Marsinah Tahun 1993

Kasus kematian Marsinah, seorang buruh dan aktivis yang memperjuangkan HAM masih penuh misteri. Marsinah merupakan salah satu dari 15 perwakilan buruh yang ikut bertemu dengan pihak perusahaan. Marsinah dan teman-temannya menginginkan kenaikan upah dan tunjangan.

Kesepakatan pun telah diperoleh. Usai kesepakatan terjadi, perwakilan buruh tanpa sosok Marsinah dipaksa mengundurkan diri. Kemudian mereka dibwa ke Kodim Sidoarjo. Mendapati kabar tersebut, Marsinah tak tinggal diam. Ia pun menyusul teman-temannya. Sejak kepergiannya tersebut, Marsinah tak diketahui kabarnya. Beberapa hari kemudian, ia ditemukan tewas di gubuk dekat hutan di Dusun Jegong, Wilangan, Nganjuk.

Penyelidikan pun berjalan usai kejadian tersebut. Namun demikian, diduga terdapat rekayasa dalam prosesnya. Yudi Susanto, pemilik perusahaan sempat dinyatakan sebagai tersangka. Ia dan beberapa tersangka lainnya mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi. Mereka pun dinyatakan bebas. Mahkamah Agung Republik Indonesia pun menyatakan bebas murni pada proses tingkat kasasi.

2 | Kasus Pembunuhan Wartawan Udin

Kasus serupa juga menimpa seorang wartawan bernama lengkap Fuad Muhammad Syafruddin. Wartawan yang biasa disapa Udin ini meninggal pada tahun 1996 karena mengalami penganiayaan secara misterius. Kejadian bermula ada pria misterius yang mendatangi kontrakannya. Akibat penganiayaan tersebut, Udin dilarikan ke RS Bethesda. Namun demikian, nyawanya tak tertolong.

Udin sendiri dikenal sebagai seorang wartawan yang kritis terhadap kebijakan-kebijakan Orde Baru. Kasus penyelidikan kematian wartawan ini penuh dengan rekayasa. Banyak bukti yang dihilangkan oleh pihak kepolisian, seperti catatan dari Udin. Hingga saat ini kasus tak kunjung terpecahkan, siapa pembunuh Udin?

3 | Kasus Pembunuhan Aktivis HAM Munir

Sama halnya dengan kasus sebelumnya, kematian seorang pejuang HAM bernama Munir masih penuh teka-teki. Pemilik nama lengkap Munir Said Thalib ini merenggang nyawa dalam perjalanan ke Belanda akibat keracunan Arsenik. Akibat kejadian tersebut, beberapa orang divonis ikut andil dalam kematian Munir. Meski begitu, kasus ini masih penuh tanda tanya.

4 |  Menghilangnya 13 Aktivis

Masih lekat di benak masyarakat Indonesia mengenai kasus yang terjadi pada 1998. Sebanyak 13 aktivis diculik oleh militer. Penculikan tersebut pun berakhir pada ketidakjelasan kabar mereka. Kejadian tersebut masih penuh misteri. Adapun ketiga belas aktivis antara lain Yanni Afri, Sonny, Herman Hendrawan, Dedy Umar, Noval Alkatiri, Ismail, Suyat, Ucok Munandar Siahaan, Petrus Bima Anugerah, Widji Tukul, Hendra Hambali, Yadin Muhidin dan Abdun Nasser.

Tokoh-tokoh yang terlibat penculikan dan pembunuhan telah diadili. Namun demikian, tidak ada kejelasan mengenai di mana para aktivis ini dianiaya dan dimakamkan.

5 | Kasus Kematian Salim Kancil

Sama halnya dengan kasus Marsinah. Salim Kancil adalah seorang buruh yang memperjuangkan hak-hak buruh. Ia pun mengalami pembantaian dan pembunuhan keji karena memperjuangkan masayrakat kecil di sekitar pertambangan. Terdapat beberapa keganjilan dalam proses peradilan kematian kasus Salim Kancil. Di antaranya masih banyak pelaku yang belum tertangkap. Sementara itu, pelaku yang tertangkap diadili dengan vonis yang ringan.

6 | Kasus Pak De Dan Model Cantik era 80-an Dietje

Sekitar tahun 80-an, Indonesia dikejutkan dengan tewasnya seorang model bernama Dietje Budimulyono. Perempuan cantik ini tewas dan menjadi korban pembunuhan. Pada jasadnya, ditemukan lima bekas luka tembak. Sementara jasadnya dibuang di sebuah kebun karet di Kalibata yang kini menjadi Komplek Perumahan DPR.

Kasus kematian sang model tersebut memunculkan nama Muhammad Siradjudin atau Pak De sebagai tersangka. Meski begitu, kasus ini diisukan berkaitan dengan oknum pejabat. Konon kabarnya, Dietje menjalin asmara terlarang dengan menantu orang penting dan pejabat TNI. Hubungan perselingkuhan tersebut ‘terbongkar’ dan mendadak Dietje tewas ditembak saat mengendarai mobil sendirian.

Kasus kematian Dietje masih menyimpan misteri hingga bebasnya Pak De pada Desember tahun 2000. Siapakah pembunuh Dietje sesungguhnya?

7 | Kasus Kematian Akseyna

Kematian seorang mahasiswa Biologi asal Yogyakarta, Akseyna di kolam Universitas Indonesia ini masih menjadi misteri. Selang dua tahun berlalu, kasus ini belum juga menemukan titik temu. Pihak kepolisian masih kesulitan mengungkap siapa di balik pembunuhan mahasiswa berprestasi tersebut.

Baca Juga : Situs Agen Poker dan Agen Domino Online Terbaik Di Indonesia

Advertisements