Indahnya Air Terjun di Berbagai Belahan Dunia

Kabaarterkini – Dari berbagai jenis keindahan alam yang tersebar di seluruh dunia, air terjun merupakan salah satu pilihan yang banyak diminati para wisatawan. Derasnya air yang meluncur dari ketinggian tertentu, konon dapat mengingatkan betapa kecilnya manusia jika dibandingkan dengan alam di sekitarnya.

Apresiasi terhadap keindahan alam memang dapat membuat perasaan menjadi lebih tenang dan damai. Bahkan ada sumber yang membahas bahwa kebiasaan-kebiasaan positif untuk membuat hidup menjadi lebih adem ialah menikmati nuansa kecantikan alam yang membuat manusia bisa lebih menerima keadaan hidupnya, dan otomatis bisa menjalani hidup yang lebih bahagia.

Selagi kita terus-terusan dikelilingi oleh aktivitas kota yang begitu padat, kebutuhan untuk mengapresiasi keindahan lingkungan yang terjadi secara alamiah pun semakin menjadi-jadi. Untuk itulah negara-negara yang tersebar di dunia ini berusaha untuk memberdayakan lingkungan alam mereka agar dapat menjadi destinasi yang bisa menarik perhatian para wisatawan.

Selain memiliki fungsi untuk memberikan ruang bagi warganya agar bisa merasakan keindahan alam, pemberdayaan ini juga dapat memberikan keuntungan devisa bagi negara. Makanya, sayang sekali jika keindahan alam yang tersebar di dunia ini dibiarkan rusak akibat perbuatan manusia sendiri.

Di bawah ini, temen-temen bisa lihat beberapa gambar dari beberapa air terjun di berbagai belahan dunia yang terkenal karena keindahannya. Selain untuk memanjakan mata kamu, gambar di bawah ini mungkin bisa memotivasi kamu untuk berpetualang menjelajahi keindahan alam di bumi ini. Langsung aja yuk, kita kepoin!

1 | Air Terjun Plitvice – Kroasia

Air Terjun Plitvice - Kroasia
Air Terjun Plitvice – Kroasia

Air terjun ini terletak di Taman Nasional Danau Plitvice, Kroasia. Pemandangannya yang bagaikan lukisan buatan manusia ini semakin dipercantik oleh tebing-tebing kapur yang mendominasi panoramanya. Air terjun ini juga dielu-elukan sebagai salah satu air terjun terindah di Eropa lho.

2 | Air Terjun Victoria – Zambia dan Zimbabwe

Air Terjun Victoria – Zambia dan Zimbabwe
Air Terjun Victoria – Zambia dan Zimbabwe

Pada tahun 1855, misionaris gereja bernama David Livingstone, yang dikenal juga sebagai penjelajah, menemukan air terjun ini dan menamainya seperti nama ratu Inggris, yakni Victoria. Sebenarnya, air terjun ini sudah ditemukan terlebih dahulu oleh penduduk pribumi Afrika, yang menamainya “Mosi Oa Tunya”, yang artinya “Asap Petir”. Air terjun ini merupakan air terjun terlebar di dunia dan dinobatkan oleh UNESCO sebagai salah satu situs warisan dunia.

3 | Air Terjun Angel – Venezuela

Air Terjun Angel – Venezuela
Air Terjun Angel – Venezuela

Air terjun ini berlokasi di Taman Nasional Canaima, Venezuela. Air terjun yang terletak di Amerika Latin ini merupakan air terjun tertinggi di dunia. Nama “Angel” sendiri diambil dari nama seorang pilot yang melewati kawasan air terjun ini. Pilot tersebut memiliki nama Jimmie Angel.

4 | Air Terjun Yosemite – Amerika Utara

Air Terjun Yosemite – Amerika Utara
Air Terjun Yosemite – Amerika Utara

Air terjun ini terletak di Taman Nasional Yosemite, Amerika Utara. Air terjun yang termasuk ke dalam 20 air terjun tertinggi di Amerika ini merupakan destinasi pariwisata yang sangat populer di Amerika Serikat.

5 | Air Terjun Sutherland – Selandia Baru

Air Terjun Sutherland – Selandia Baru
Air Terjun Sutherland – Selandia Baru

Air terjun yang terletak di kawasan Selandia Baru ini konon selalu menimbulkan suara gemericik air yang lebih memekakkan telinga dibanding air terjun lainnya yang terletak di negara tersebut. Air terjun yang paling populer di Selandia Baru ini sumber airnya dikelilingi oleh pemandangan pegunungan yang memanjakan mata para wisatawan yang berkunjung ke sana.

6 | Air Terjun Detian – Cina dan Vietnam

Air Terjun Detian – Cina dan Vietnam
Air Terjun Detian – Cina dan Vietnam

Air terjun ini berlokasi di perbatasan wilayah antara Cina dan Vietnam. Air terjun yang termasuk juga ke dalam jajaran air terjun terindah di dunia ini memiliki nama lain “Air Terjun Surga”. Jadi, kebayang dong betapa indahnya air terjun ini.

7 | Air Terjun McWay – Amerika Serikat

Air Terjun McWay – Amerika Serikat
Air Terjun McWay – Amerika Serikat

Selain menyajikan pemandangan air terjun, destinasi yang terletak di pantai wilayah California ini juga menyajikan pemandangan laut yang sangat indah. Air terjun ini bahkan telah membentuk pantai di bawahnya lho. Jadi, buat yang pengen main ke air terjun tapi pengen sekalian ke pantai juga, tempat ini cocok untuk jadi pilihan.

8 | Air Terjun Niagara – Amerika Serikat dan Kanada

 Air Terjun Niagara – Amerika Serikat dan Kanada
Air Terjun Niagara – Amerika Serikat dan Kanada

Selain Air Terjun Yosemite, air terjun yang satu ini juga nggak kalah populernya di Amerika Serikat sebagai salah satu destinasi pariwisata yang jarang sepi dari pengunjung. Air terjun yang sangat indah ini seringkali dijadikan sebagai lokasi perayaan-perayaan khusus seperti tahun baru.

9 | Air Terjun Iguazu – Argentina dan Brazil

Air Terjun Iguazu – Argentina dan Brazil
Air Terjun Iguazu – Argentina dan Brazil

Air terjun memang seringkali dapat ditemui di berbagai perbatasan negara. Air terjun Iguazu, yang terletak di perbatasan Argentina dan Brazil, memiliki mitos yang berkembang di masyarakat. Mitos tersebut mengatakan bahwa air terjun ini terbentuk setelah raksasa yang hidup di Iguazu memukulkan tangannya ke bumi.

Itulah dia beberapa air terjun indah yang tersebar di berbagai belahan dunia. Mengingat bumi ini sendiri sangat luas, mungkin masih banyak air terjun lainnya yang menjanjikan keindahan bagi orang yang melihatnya

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s