Pohon Paling Mematikan di Dunia

Kabaarterkini – Manchineel adalah nama yang disandang oleh sebuah pohon tropis asal benua Amerika. Pohon ini bukanlah sembarang tanaman, karena Manchineel merupakan tumbuhan paling beracun yang ada di dunia. Pohon ini punya bentuk daun yang oval dengan warna hijau cerah dan dapat tumbuh hingga setinggi 15 meter.

Pohon Manchineel terdapat di benua Amerika dan tersebar di berbagai titik lokasi. Kamu dapat menemukan pohon beracun ini di kepulauan Karibia yang terletak di Amerika bagian tengah, hutan bakau di pesisir utara Amerika Selatan, dan di Florida bagian selatan.

Pohon ini bahkan telah tercatat dalam buku rekor dunia Guiness sebagai pohon paling mematikan di dunia.

Berikut ini fakta – fakta dari pohon mematikan ini :

1 | Buah Yang Dapat Membakar Mulut Si Pemakanya

Pohon ini dapat menghasilkan buah cantik yang punya bentuk seperti apel atau jambu biji. Dengan warna hijau yang tampak ranum, tentu saja banyak wisatawan yang tertarik pada buah tropis tersebut. Akan tetapi, ternyata buah yang berasal dari pohon ini punya dampak yang tak semanis rupa dan rasanya. Buah yang dalam bahasa spanyol bernama manzanilla de la muerte ini punya arti apel kecil yang mematikan.

Seorang konsultan radiologi yang kebetulan tengah berwisata ke pulau di Karibia, menuturkan pengalamannya ketika menyantap buah ini. Rasanya manis, pada awalnya. Namun, lama-kelamaan ia merasakan sensasi pedas yang tak lazim dalam mulutnya. Setelah itu ia merasakan mulut dan tenggorokannya seolah terbakar hebat dan ia jadi sulit bernapas. Beberapa jam setelahnya, ia muntah-muntah dan menderita nyeri kepala tak tertahankan.

2 | Semua Bagian Pohon Dapat Mematikan

Tak hanya buahnya saja, seluruh bagian pohon ini dapat membahayakan nyawa manusia. Menurut sebuah institut agrikultur dan pangan asal Florida, interaksi yang dilakukan dengan bagian manapun dari pohon ini, dapat sangat berakibat fatal. Rantingnya, batangnya, daunnya, buahnya, hingga getahnya.

Pernah ada laporan yang menyebutkan mengenai adanya beberapa kasus mata perih dan bahkan kebutaan temporer yang disebabkan oleh asap dari hasil pembakaran kayu pohon ini. Belum lagi gangguan yang terjadi pada pernapasan jika tak sengaja menghirupnya.

Bahkan, warga setempat telah membuktikan, ketika salah satu dari mereka berteduh di bawah pohon ini saat sedang hujan, kulit mereka akan melepuh karena cipratan air hujan yang sebelumnya telah jatuh menyentuh dedaunan pohon ini. Jangankan manusia, cat mobil saja dapat ikut terkelupas jika terkena cipratan air tersebut.

3 | Korban Manchineel Yang Paling Terkenal

Barangkali, korban paling terkenal dari racun pohon Manchineel ini adalah seorang conquistador (warga asal Spanyol yang melancong ke AS pada abad ke-16) yang bernama Juan Ponce de Leon, yang merupakan pemimpin ekspedisi bangsa Eropa ke tanah Florida pada tahun 1513.

Pada tahun 1521, begitu ia kembali ke tanah Florida yang telah dikuasainya, ia mendapat perlawanan dari prajurit Calusa, sebuah suku asli Karibia yang dikenal sering memanfaatkan getah pohon Manchineel yang beracun sebagai mata panah. Dan hanya dengan satu anak panah yang menggores sedikit bagian pahanya, sang pemimpin ekspedisi tersebut tewas beberapa saat setelahnya.

4 | Pohon Beracun Yang Memiliki Manfaat

Tuhan menciptakan alam maupun makhluk hidup di dunia ini, seburuk apapun itu pasti ada saja kegunaannya bagi manusia. Hal yang sama berlaku pada pohon maut Manchineel.

erlepas dari semua bagian pohonnya yang dapat mengancam nyawa manusia, lewat sebuah metode dan trik khusus, kayu pohon ini telah digunakan oleh para pengrajin kayu di kepulauan Karibia selama berabad-abad untuk dimanfaatkan. Semisal, digunakan untuk membuat furnitur.
Pertama-tama tentu saja racun yang dikandung pohon ini harus dinetralisir terlebih dahulu. Caranya? Mereka biasanya menebang pohon ini dan kemudian menjemurnya di bawah terik sinar matahari hingga getahnya mengering.

Setelah mengetahui semua ancaman yang bisa diakibatkan oleh pohon ini, para wisatawan biasanya jarang ada yang mendekati pohon ini. Namun, beruntung, pada zaman modern ini belum ada korban jiwa yang diketahui tewas akibat pohon Manchineel. Syukurlah otoritas setempat dengan sigap telah memasang tanda bahaya agar tak sembarang orang mendekati pohon ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s