Pasar Anti Mainstream Yang Pernah Ada

Kabaarterkini – Pasar memang menjadi tempat orang-orang untuk membeli segala sesuatu yang dibutuhkan. Pada umumnya, pasar menjual berbagai macam kebutuhan yang kita perlukan, seperti pakaian, peralatan rumah tangga, makanan, hingga bumbu-bumbu dapur. Di Indonesia sendiri pasar memiliki banyak ragamnya, ada pasar tumpah, pasar yang buka hanya satu hari, pasar malam dan masih banyak lagi.

Setiap pasar di berbagai negara, pada umumnya juga menjual segala keperluan yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat. Pasar bisa menjadi cerminan suatu budaya yang dianut oleh daerah itu sendiri. Bahkan di beberapa daerah, ada pasar yang unik dan aneh yang tak seperti kebanyakan pasar pada umumnya. Berikut Pasar Anti Mainstream Yang Pernah Ada di berbagai belahan dunia.

1 | Deyrolle, Paris

Deyrolle, Paris
Deyrolle, Paris

Deyrolle, ParJika kamu adalah seorang penggemar bangkai-bangkai hewan yang diawetkan, maka Deyrolle adalah tempat yang cocok kamu kunjungi. Di sini kamu akan menemukan berbagai macam bagian tubuh hewan yang diawetkan. Seperti kepala rusa, kulit harimau, beruang utuh yang diawetkan, dan masih banyak lagi. Bahkan tulang belulangnya hewan pun merupakan barang yang diperjual belikan di sini.

Deyrolle adalah pasar yang menjual berbagai barang tak lazim yang terletak di salah satu sudut Kota Paris, Perancis. Pasar ini pertama kali dibuka pada tahun 1831 oleh seorang yang ahli dalam berburu bernama Emile Deyrolle. Ia juga merupakan seorang peniliti yang gemar mengumpulkan berbagai peninggalan makhluk hidup di berbagai penjuru dunia. Bahkan koleksi barang-barang aneh yang dijual di Deyrolle market ini mencapai ribuan. Maka tak heran jika Deyrolle merupakan pasar yang terkenal menjual berbagai barang tak lazim di dataran Perancis.is

2 | Pasar Tenung, Bolivia

Pasar Tenung, Bolivia
Pasar Tenung, Bolivia

Pasar Tenung merupakan salah satu pasar teraneh di dataran Amerika Selatan, tepatnya di Kota La Paz Bolivia. Tidak seperti pasar pada umumnya, Pasar Tenung menjual berbagai macam kebutuhan para penyihir, dokter, dukun, ahli astrologi hingga peramal. Di sini, kamu bisa temui berbagai macam barang aneh dan berbau mistis. Seperti janin berbagai macam hewan yang telah dikeringkan, janin hewan biasanya digunakan peramal untuk berbagai macam ritual.

Selain janin hewan, ada juga bangkai katak, bulu burung hantu, dan batu asteroid yang sering digunakan sebagai jimat. Pasar unik ini memang sudah sejak lama menjual berbagai barang untuk para penyihir asal Bolivia. Bahkan janin kering menjadi salah satu barang yang paling laku terjual di pasar ini.

3 | Pasar Voodoo Lome, Togo

Pasar Voodoo Lome, Togo
Pasar Voodoo Lome, Togo

Sebuah pasar di daerah Lome, Negera Togo Afrika Barat menjual berbagai macam benda misterius dan aneh. Jangan harap kamu bisa menemukan sayuran dan daging segar di pasar yang satu ini. Sebab di pasar ini, kamu hanya akan menemukan berbagai macam potongan tubuh hewan seperti kaki gajah, tanduk rusa, kepala macan, hingga jantung kuda. Tentunya semua barang yang dijual di pasar ini bukanlah barang yang bisa dimasak atau dijadikan cemilan.

Hampir semua barang aneh ini digunakan sebagai bahan obat-obatan tradisional yang dijamin manjur menyembuhkan berbagai macam penyakit. Kabarnya bahan-bahan aneh ini hanya cukup dioleskan kepada kulit bagian yang sakit. Mungkin terdengar menyeramkan, namun cara inilah yang digunakan oleh para pendeta voodoo di Lome untuk menyembuhkan para pasiennya.

4 | Pasar Kontainer, Swiss

Pasar Kontainer, Swiss
Pasar Kontainer, Swiss

Sebuah perusahaan di negara Swiss bernama Freitag memiliki cara unik untuk menggunakan barang-barang kontainer yang sudah usang. Kalau pada umumnya, kontainer-kontainer yang sudah usang dibiarkan begitu saja, namun Freitag menyusun kontainer-kontainer tak terpakai ini menjadi sebuah pasar. Dengan cara menumpuknya dan dijadikan sebuah pasar, kontainer-kontanier ini menjadi magnet para turis yang hobi berbelanja. Untuk membuat pasar ini, membutuhkan 17 kontainer usang yang disusun sedemikian rupa sehingga membentuk sebuah pasar unik setinggi 26 meter. Tak hanya itu, di bagian atas pasar unik ini, terdapat teleskop untuk para pengunjung yang ingin melihat pemandangan pelabuhan dari ketinggian.

5 | Pasar Gipsi, Bulgaria

Pasar Gipsi, Bulgaria
Pasar Gipsi, Bulgaria

Konsep pasar Gypsi, Bulgaria ini menyediakan perempuan untuk dijadikan pendamping hidup. Mungkin konsep ini akan sangat digemari jika ada di Indonesia. Di pasar ini, para gadis dengan tampilan cantik dan menawan akan berkumpul menunggu para pria yang akan menjadikannya pasangan hidup. Di pasar ini, para pria bebas menentukan gadis mana yang ingin mereka ajak kenalan. Dan jika beruntung, beberapa dari pria yang datang ke pasar ini akan diajak sang gadis untuk berdansa.

Pasar Gypsi atau pasar pengantin biasanya diadakan di hari sabtu pertama setelah perayaan paskah. Para orang tua yakin jika putri mereka akan lebih bahagia jika menemukan pasangan hidupnya di pasar ini. Namun sebelum mengajak sang gadis ke hubungan yang lebih serius, seorang pria harus berbicara dengan keluarga gadis tersebut. Bagaimana, kamu tertarik datang?

6 | Pasar Payung Bekas, Australia

Pasar Payung Bekas, Australia
Pasar Payung Bekas, Australia

Walaupun menjual payung-payung bekas, pasar unik adalah salah satu pasar bersejarah di Australia. Tempat ini juga merupakan kota tertua ketiga di Australia. Uniknya, di tempat ini memang menjual berbagai macam barang tua atau bekas seperti pakaian, handuk, mainan, hingga payung bekas. Di pasar ini juga kamu bisa menemukan berbagai macam buku kuno yang sudah terlihat usang. Sesuai dengan namanya, di pasar ini kamu akan lebih banyak menemukan orang-orang yang menjual berbagai macam payung dari segala ukuran dan bentuk. Selain payung bekas dan baru, di sini juga kamu bisa menemukan payung-payung antik yang dijual.

7 | Spiderville, Pasar Laba-Laba, Kamboja

Spiderville, Pasar Laba-Laba, Kamboja
Spiderville, Pasar Laba-Laba, Kamboja

Jika kamu pergi ke pasar ini, mungkin kamu akan merasa takut bahkan geli melihat barang yang dijual di sini. Sesuai dengan namanya, pasar Spiderville menjual berbagai macam makanan dan cemilan yang terbuat dari laba-laba. Di pasar ini cemilan yang diperjualbelikan berasal dari berbagai macam ribuan jenis laba-laba dan tarantula. Bahkan kamu juga bisa menemukan tarantula sebesar ukuran telapak manusia dewasa yang dijual hidup-hidup. Orang-orang yang sering belanja di pasar ini mengatakan, jika cemilan laba-laba di pasar ini terasa gurih dan nikmat. Bahkan tidak sedikit yang mengatakan, jika rasa laba-laba terasa seperti gabungan daging ayam dan daging ikan. Apakah kamu tertarik untuk mencobanya?

Nah, itulah beberapa pasar unik dan teraneh yang ada di seluruh dunia. Nyatanya pasar-pasar unik ini tidak pernah sepi pembeli, karena semuanya balik lagi ke kebutuhan dan budaya yang ada pada daerah-daerah tersebut. Mungkin di Indonesia kamu gak akan menemukan pasar yang menjual segala kebutuhan dukun, karena hal tersebut sangatlah tabu. Begitu juga dengan di Bolivia, mungkin di sana tak ada yang namanya pasar apung seperti yang ada di Kalimantan. Di antara beberapa pasar unik di atas, manakah pasar yang menurut kamu paling aneh?

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s