Pemandangan Gunung Aktif Paling Indah

Kabaarterkini – Beberapa orang berpikir bahwa mengunjungi gunung berapi yang masih aktif merupakan ide yang buruk. Kawah yang bergejolak dan kesunyian adalah kombinasi yang bakal membuat berimajinasi langsung mengarah ke hal yang bukan-bukan.

Tapi seperti dilansir dari National Geographic, Jumat (3/3), ada beberapa dari 1.500 gunung berapi aktif di dunia yang layak untuk kamu kunjungi. Paling tidak ada 7 gunung berapi aktif yang tercatat sebagai terindah di dunia, versi NatGeo. Apa saja? Yuk simak daftarnya.

1 | Gunung Eyjafjallajokull – Islandia

Gunung Eyjafjallajokull - Islandia
Gunung Eyjafjallajokull – Islandia

Gunung ini terletak di utara Skógar dan di barat gletser Mýrdalsjökull yang lebih besar. Kantong es gletser tersebut menutupi sebuah gunung berapi (setinggi 1.666 m) yang sering meletus sejak Zaman Es. Ujung selatan pegunungan tersebut pernah menjadi bagian dari garis pesisir Samudera Atlantik. Karena lautan telah mundur sekitar 5 km, garis pantai terdahulu tertinggal di belakang tebing yang tipis dengan banyaknya air terjun yang menarik, paling dikenal di antaranya Skógafoss. Ketika angin kencang, arus air di air terjun tersebut akan bertiup dan menciptakan pemandangan indah.

2 | Gunung Kilauea – Hawaii

Gunung Kilauea - Hawaii
Gunung Kilauea – Hawaii

Memiliki tinggi 4,000 kaki, Kilauea mungkin bukan gunung api tertinggi di Hawaii. Namun Kilauea bisa dibilang adalah gunung yang paling indah di Hawaii. Bagi orang Hawaii, Kilauea berarti ‘memuntahkan’ atau ‘menyebar’, di mana gunung ini memang sudah mulai menyebarkan lava merah sejak tahun 1983 lalu. Untuk menikmati pemandangan gunung kamu bisa tur menggunakan helikopter atau melakukan penjelajahan sejauh 155 mil di Hawaii Volcanoes National Trip.

3 | Gunung Sakurajima – Jepang

Sakurajima - Jepang
Sakurajima – Jepang

Sebelum terjadi erupsi besar-besaran pada 1914, Sakurajima adalah sebuah pulau. Namun setelah meletus, aliran lava menghubungkan antara gunung berapi dengan Tanjung Osumi di sebelah selatan Jepang. Untuk mendapatkan view yang bagus saat berlibur ke sana, traveler biasanya akan menaiki kapal ferry dari Kagoshima, dan berjalan melalui jalan lava di Sakurajima.

4 | Gunung Pacaya – Guatemala

Gunung Pacaya - Guatemala
Gunung Pacaya – Guatemala

Kompleks pegunungan ini setinggi 8.373 kaki. Kamu butuh waktu selama kurang lebih 4 jam untuk mendakinya. Pendakianmu bakal diganjar dengan pemandangan indahnya lava yang mengalir dari tiga gunung berapi yang ada di sana.

5 | Gunung Etna – Italia

Gunung Etna - Italia
Gunung Etna – Italia

Merupakan gunung berapi aktif di pesisir timur Sisilia, dekat Messina dan Catania, Italia. Ketika Gunung Etna meletus mampu memberikan pemandangan yang indah, seperti kembang api raksasa.

Etna bisa dibilang sebagai gunung berapi terbesar di Eropa. Ketinggian sekitar 3.320 m dan keliling dasar sepanjang 140 km, membuatnya menjadi gunung tertinggi di Italia di selatan Alpen. Pengunjung biasanya bisa mencapai puncak selama paling tidak 12 jam. Dan apabila langit sedang cerah, kamu akan bisa menikmati indahnya laut Tengah, Ionian dan Adriatik. Setelah sampai di puncak jangan lupa menikmati wine asli penduduk lokal.

6 | Gunung Bromo – Indonesia

Gunung Bromo - Indonesia
Gunung Bromo – Indonesia

Kalau yang ini pasti sudah familiar kan? Gunung berapi yang masih aktif dan sudah menjadi objek wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun asing di Jawa Timur. Di sini traveler bisa menikmati indahnya pemandangan gunung berapi yang terletak di tengah-tengah lautan pasir yang luas, sunrise yang indah, atau mengendarai kuda di atas lautan pasir yang membentang. Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi saat bulan ke sepuluh penanggalan Jawa, di malam bulan Purnama, di mana masyarakat Tengger mengadakan upacara Kasada.

7 | Gunung Whakaari – New Zealand

Gunung Whakaari - New Zealand
Gunung Whakaari – New Zealand

Posisi di tengah-tengah lautan Pasifik tentunya bisa menambah keindahan gunung berapi satu ini. Terletak 30 mil dari pantai North Island, gunung berapi ini menyebabkan air di sekitar gunung menjadi hangat dan beruap. Kamu bisa menaiki kapal pesiar untuk mengelilingi gunung ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s