Akibat Dari Seseorang Kekurangan Oksigen

Kabaarterkini – Mudah lelah, lesu tak bersemangat dan tubuh merasa pegal linu dan gampang jatuh sakit. Bila mengalami semua atau sebagian keluhan ini, waspadalah. Mungkin anda telah dilanda hipoksia (hypoxia). Ini adalah istilah medis menggambarkan tubuh kekurangan oksigen.

Kekurangan oksigen sama sekali bukan kondisi yang baik Karen aoksigen adalah senyawa penting pembentuk energi bagi tubuh. Anda tak punya tenaga yang cukup sehingga aktifitas dan rutinitas terganggu.

Kasus hypoxia sering dijumpai dan bias terjadi pada siapa saja. Menurut Dr. Kadarsyah,MD, scientific Advisor PT Royal kekaltama Beverages, hipoksia bisa membawa sederet penyakit kronis yang muncul dengan gejala beragam. Berikut beberapa masalah kesehatan yang terkait dengan hypoxia. Jangan sampai terjadi pada anda.

1 | Pingsan

Pingsan
Pingsan
Pernah mengalami pingsan atau menyaksikan seseorang kehilangan kesadaran sementara waktu? Prosesnya berlangsung cepat. Mula-mula wajah korban pucat, tubuhnya terasa lemas, lalu tiba-tiba saja ambruk tidak sadarkan diri. Pingsan terjadi karena otak kekurangan pasokan oksigen. Penyebabnya cukup banyak. Bisa karena tubuh terlalu lelah.

Terlalu lama beristirahat dengan posisi tidur lalu mendadak berdiri untuk melakukan aktifitas juga bisa mengundang pingsan. Karena pada saat itu tubuh masih lemah dan organ-organ yang bekerja menjaga keseimbangan tubuh belum berfungsi sempurna. Faktor ketegangan emosi dan mengenakan pakaian ketat yang menekan leher juga bisa mengakibatkan pingsan karena aliran darah ke otak berkurang sementara darahlah yang bertugas mengantarkan oksigen dan nutrisi keseluruh jaringan tubuh termasuk otak.

Untuk mengatasi pingsan, korban harus dibaringkan, ganjal kakinya dengan bantal atau benda lain sehingga posisi kepala lebih rendah dari kaki. Cara ini membantu melancarkan aliran oksigen ke otak.

2 | Stroke

Stroke
Stroke
Secara terus menerus sel-sel otak memerlukan oksigen dan nutrisi untuk bisa bertahan hidup dan mejalankan fungsinya dengan baik. Bila sekali waktu pasokan oksigen dan nutrisi yang diangkut melalui darah menuju otak terhenti oleh suatu sebab, maka terjadilah stroke, yaitu kondisi dimana sel-sel otak mengalami kerusakan.

Proses stroke berlangsung begitu cepat. Bila oksigen berhenti mengalir dalam waktu 3 atau 4 menit saja, kerusakan bias fatal. Semakin lama aliran oksigen terputus, tingkat kerusakan yang ditimbulkan semakin farah, stroke yang dideritapun akan semakin berat dan sulit dipulihkan.

Kasus stroke harus ditangani dengan cepat dan tepat. Sedapat mungkin penderita stroke sudah ditangani tim medis ahli paling lambat 6 jam setelah kejadian. Masa 6 jam yang disebut golden period ini sangat menentukan peluang keberhasilan pemulihan pasien kelak.

3 | Anemia

Anemia
Anemia
Anemia disebut penyakit kurang darah. Anemia terbagi pada beberapa jenis. Pada banyak kasus, anemia tejadi karena bukan disebabkan volume darah yang kurang tetapi karena kandungan oksigen didalam darah sedikit.

Dalam darah terdapat komponen sel yang dinamakan haemoglobin. Fungsinya mengikat oksigen didalam darah untuk dialirkan keseluruh sel tubuh guna membantu proses pengolahan makanan menjadi tenaga. Jika jumlah haemoglobin didalam darah berkurang, oksigen yang berhasil dibawa hanya sedikit.

Tentunya, tenaga yang dihasilkan pun tidak sebanyak yang dibutuhkan tubuh. Karena itulah, penderita anemia mudah lelah, letih da lesu.

Solusi untuk penderita anemia adalah mengkonsumsi makanan-makanan yang merangsang pembentukan haemoglobin, seperti hati ayam. Bila kadar haemoglobin meningkat, oksigen yang bisa diserap tubuhpun semakin banyak.

4 |Tanda-Tanda Hypoxia

Tanda-Tanda Hypoxic
Tanda-Tanda Hypoxic
Keluhan yang ditimbulkan hypoxia pada setiap orang tidak sama. Tapi ada isyarat yang bisa dibaca sebagai pertanda gejala tubuh mulai kekurangan O2 :

  • Sulit konsentrasi
  • Mudah lelah, letih dan tidak bersemangat
  • Daya tahan tubuh rendah
  • Sering terserang nyeri dan pegal linu
  • Rambut rontok
  • Kegemukan
  • Merasa kembung setelah makan
  • Infeksi jamur
  • Sinusitis
  • Diare atau sembelit
  • Tekanan darah tidak stabil

Artikel Seks, Masalah Kesehatan Anak, Tentang Payudara, Info Kesehatan, Info Kecantikan, Resep Masakan, Artikel kegemukan, Penyakit Otak dan Syaraf, Kanker, Infeksi dan Penyakit Menular, Gangguan Sistem Pencernaan, Artikel Kesehatan, Femona, Jantung dan Pembuluh Darah, Gangguan Nutrisi dan Metabolisme, Daftar Penyakit, Artikel Payudara, Obat Batu Empedu, Penyakit Telinga Hidung dan Tenggorokan, Artikel Kesehatan Liver, Program Liver Cleansing, Penyakit Ginjal dan Saluran Kemih, Liver Cleansing Program, Masalah Hati dan Kandung Empedu, Penyakit Paru dan Saluran Pernafasan, Kehamilan, Masalah Kesehatan Wanita, Gangguan Hormon, Gangguan Menstruasi, Berita Kesehatan, Penyakit Jantung, Masalah Bayi Baru Lahir, Masalah Kesehatan Pria, Penyakit Mulut dan Gigi, Cara Cepat Hamil, Gangguan Pencernaan, Hydroxygen Plus, Gangguan Jantung, Kelainan Sendi dan Jaringan Ikat, Gangguan Metabolik dan Kongenita, Kista, Kesuburan Suami Istri, Gangguan Hidung dan Sinus, Obat Disfungsi Ereksi, Artikel Oksigen, Hormon dan Sistem Endokrin, Artikel Seputar Obat, Kecelakaan dan Cedera

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s