Perang Paling Boros Sepanjang Sejarah Manusia

Kabaarterkini – Banyak yang bilang perang bukanlah solusi, meski taruhannya nyawa, dan ada pula yang ngomong kalau perang sama halnya melakukan pemborosan terhadap anggaran negara.

Dua hal di atas benar, pada dasarnya tak ada yang diuntungkan dari perang itu sendiri, yang ada malah merugikan. Seperti 7 perang berikut ini, perang-perang berskala dunia ini dipercaya memboroskan anggaran yang sangat besar, bahkan ada yang melebihi pendapatan negara kita Indonesia, Hah?!

Kebayang tidak berapa besarnya? Untuk mengobati rasa penasaranmu, mending langsung saja deh simak ulasannya berikut mengenai Perang Paling Boros Sepanjang Sejarah Manusia.

  • Perang Dunia ke-I (1914-1918), $334 Milyar

I Was There: The Great War Interviews

Perang pertama yang menghabiskan biaya super wow adalah Perang Dunia ke-I. Perang yang berlangsung dari tahun 1914 – 1918 ini konon memakan biaya sebesar $334 milyar dollar atau sekitar Rp. 2 ribu triliun.

Perang ini melibatkan dua kubu, yakni Perancis, Inggris, Rusia, Amerika, dan Jepang (meski pada Perang Dunia Ke-II Jepang justru diserang) melawan Jerman, Hungaria, Kerajaan Ottoman, dan Bulgaria dengan jumlah korban tewas sebesar 40 juta jiwa!

  • Perang Dingin (1947-1991), $738 Milyar

year-did-cold-war-begin_b7011c5ee9d9c360

Pasca Perang Dunia ke-II, ternyata dunia tidak langsung damai begitu saja, malahan perang masih berkecamuk yang melibatkan Amerika Serikat dengan Uni Soviet. Dua negara besar ini saling memperebutkan wilayah dan menyebarluaskan ideologinya di seluruh dunia hingga mencapai klimaks-nya pada 1989 dimana Presiden AS George HW Bush dengan Presiden Uni Soviet Mikail Gorbachev mengumumkan berakhirnya perang dingin pada KTT Malta.

Menurut pengamat, perang berskala besar ini menghabiskan dana kurang lebih $ 738 Miliar atau sekitar Rp. 3 ribu triliun rupiah jika dikonversi kedalam mata uang Indonesia.

  • Perang Afganistan (2001- sekarang), $898 Milyar

soldier-war

Sebenarnya kalau dilihat dari sejarah, perang Afghanistan sendiri terjadi dua kali, pertama ketika pendudukan Rusia pada akhir tahun 80-an dan ketika pasca ambruknya menara kembar WTC pada tahun 2001.

Menurut kalkulasi yang beredar, perang yang melibatkan dua kubu, antara koalisi Amerika (AS, Inggris, Australia dan Kanada) dengan kubu lokal yang dipimpin oleh Al-Qaeda menghabiskan dana kurang lebih $898 miliar dollar AS atau sekitar Rp. 4 ribu triliun!

  • Perang Sipil China (1927-1936, 1946-1950), Ribuan $ Milyar

maxresdefault

Menilik sejarah yang ada, perang sipil yang melibatkan partai komunis China dengan partai nasionalis ini terjadi selama dua periode hingga berakhir dengan kemenangan partai komunis China pada 1950 dengan jumlah korban tewas kurang lebih 5 juta jiwa dan menghabiskan dana miliaran dollar AS.

Usai perang daratan China berubah menjadi Republik rakyat China sedangkan pihak partai nasionalis yang pindah ke Taiwan menggunakan nama Republik China.

  • Perang Sipil Rusia (1917-1922), Ribuan $ Milyar

perang-sipil-rusia

Perang yang menewaskan 3 juta jiwa ini konon terjadi lantaran perebutan wilayah kekuasaan antara kubu Red Army dengan White Army. Hasil dari perang yang menghabiskan dana milyaran dollar ini dimenangkan oleh kubu Red Army yang menandai berakhirnya masa kekaisaran Rusia dan membentuk negara baru Uni Soviet.

  • Invasi Mongolia (1206-1337)

mongol-conquests

eskipun belum ada data yang menunjukkan berapa dana yang dihabiskan oleh kerajaan Mongol dalam melakukan invasi, namun dapat dipastikan perang yang berlangsung kurang lebih 130 tahun ini menyedot biaya yang sangat besar sekali. Apalagi jajahan kerajaan Mongol saat itu menjulan dari Asia hingga Eropa. Meskipun begitu Mongol masih kesusahan menjajah wilayah Nusantara, Indonesia.

  • Perang Dunia ke-II (1939-1945), $4.104 Triliun

history_us_and_soviet_forces_on_elbe_speech_sf_still_624x352

Terakhir, perang yang menghabiskan biaya paling besar sejagat adalah Perang Dunia ke-II. Menurut sejarah Perang Dunia ke-II menghabiskan biaya paling banyak dalam sepanjang sejarah manusia. Perang berdurasi 6 tahun ini menewaskan 72 juta orang dengan total biaya yang digelontorkan sebanyak $ 4.104 Triliun atau sekitar pendapatan Negara Indonesia sekarang.

Demikianlah tujuh perang paling boros sepanjang sejarah. Semoga perang-perang yang masih terjadi sekarang segera usai. Karena perang bukanlah solusi.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s