Kabaarterkini – All-electric Chevrolet Bolt EV terpilih sebagai Green Car of the Year di pameran otomotif L.A Auto Show, Kamis (17/11/2016) kemarin. Penghargaan in diberikan tiap tahun oleh Green Car Journal.

Melansir latimes.com, Jumat (18/11/2016), Green Car of the Year adalah salah satu penghargaan paling bergengsi di ajang otomotif tahunan itu. Ada beberapa faktor penyebab mobil ramah lingkungan ini jadi juara.

Mobil ini mampu melaju dengan jarak cukup jauh hanya dalam satu kali isi ulang baterai, persisnya 383 km, atau setara perjalanan dari Jakarta ke Purwokerto, Jawa Tengah. Inilah mobil listrik pertama yang bisa menempuh jarak sejauh itu.

Jarak yang bisa ditempuh mobil milik General Motors (GM) ini mengalahkan Tesla Model 3 yang bisa menempuh 346 km. Bahkan BMW i3 yang baru diperkenalkan saja cuma memiliki jarak tempuh 300 km dalam sekali pengisian baterai.

Angka ini sendiri dikeluarkan oleh badan pengawas lingkungan di Amerika Serikat (AS) bernama Environmental Protection Agency (EPA), setelah sebelumnya dilakukan uji coba.

Kemampuan tersebut berasal dari baterai lithium 60 kWh yang terdapat di bawah mobil dan kursi belakang. Juru bicara Chevrolet mengatakan bahwa baterai akan penuh setelah diisi selama 12 jam di rumah, sementara perlu 9 jam jika di stasiun pengisian.

Lebih menarik, penghargaan ini diperoleh bahkan sebelum Bolt EV dijual ke pasaran. Ya, mobil yang dibanderol dengan harga mulai dari US$ 37.495 ini baru akan tersedia di dealer AS pada akhir tahun. Pada 2017, diharapkan Bolt EV dijual di 50 negara.

Advertisements