Titik Tertinggi dan Terdalam di Bumi

Kabaarterkini – Banyak yang mengatakan bahwa manusia lebih banyak tahu tentang luar angkasa daripada apa yang ada di bawah bumi. Konon memerlukan waktu 26 tahun untuk satelit terkenal Voyager II mencapai tepi tata surya, dengan waktu yang sama manusia mencapai kedalaman sekitar 7 mil (12 km) di bawah permukaan bumi. Artinya orang lebih antusias untuk mempelajari apa yang ada di atas bumi dibandingkan apa yang ada dalam perut bumi.

Nah kali ini, Kabaarterkini akan membahas tentang titik-titik di bumi, mulai dari titik tertingginya sampai dengan titik terdalamnya. Dari berbagai sumber yang berhasil dirangkum, ini dia Titik Tertinggi dan Terdalam di Bumi.

  • Titik Tertinggi
    Gunung Ojos del Salados

11570-titik-bumi

Sebelum mengetahui titik tertinggi di bumi ini, kita awali dengan mengenal gunung berapi tertinggi. Namanya Ojos del Salados dengan ketinggian 22.595 kaki. Gunung Ojos del Salado ini merupakan gunung berapi aktif tertinggi di dunia, lokasinya di Andes, perbatasan Argentina-Chile.

Menurut sejarah letusan terakhirnya terjadi 1.300 tahun yang lalu. Adapun batas ketinggian di mana tidak ada oksigen yang bisa dihirup manusia adalah pada titik 26.000 kaki. Karenanya jika ingin mendaki Gunung Everest, pendaki harus membawa tabung oksigen sendiri.

  • Gunung Everest

11569-titik-bumi

Ketinggian paling puncak yang ada di muka bumi ini ada di Gunung Everest, Nepal. Everest memiliki ketinggian 29.035 kaki. 4.000 orang lebih sudah pernah berada di puncaknya.

Nah, selanjutnya adalah titik terendah atau terdalam yang ada di bumi, dalam penjelasan ini dibagi menjadi tiga titik. Titik apa saja itu? berikut penjelasannya.

  • Titik Terdalam
    Mariana Trench

11572-titik-bumi

Kita mulai dengan kedalaman 36.201 kaki. Titik ini menuju pada sebuah palung bernama Palung Mariana. Nah palung ini merupakan titik terdalam yang ada di dalam Bumi, yang tercipta secara alamiah alias bukan buatan manusia. Panjangnya sekitar 1.500 mil dengan lebarnya 43 mil. Palung Mariana ini bentuknya seperti lubang hitam di bawah samudera.

  • Proyek Sakhalin-I

Sakhalin-1 Project ini adalah konsorsium untuk mencari dan memproduksi minyak dan gas di Pulau Sakhalin, Rusia. Tercatat beberapa tahun silam ini, pengeboran minyak yang dilakukan oleh proyek Sakhalin memecahkan rekor pengeboran terdalam di dunia. Kedalaman yang dicapai oleh pengebor raksasa ini sekitar 37.318 kaki atau 11.375 meter.

  • Lubang Kola Borehole

11571-titik-bumi

Nah, kalo ini adalah titik terdalam buatan yang ada di muka bumi. Lubang terdalam ini berada di Zapolyarny, Rusia. Lubang ini tercipta dari hasil pengeboran pada zaman Uni Soviet pada tahu 1970. Tujuannya adalah untuk percobaan ilmiah pengeboran terdalam yang manusia mampu, hingga sampai kerak bumi tercapai. Namun proyek ini hanya berhasil mencapai 40.230 kaki atau sekitar 12.000 meter.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s