Khasiat Meminum Kopi Hitam di Pagi Hari

Kabaarterkini – Kopi adalah salah satu produk untuk minuman yang dikonsumsi paling banyak di dunia. Bahkan menikmati kopi kini sudah semakin menjadi gaya hidup kan? Di cafe, di rumah, di kantor, pasti sebagian dari kamu akan menyempatkan diri untuk menyeruput kopi favoritmu.

Nah, tapi tahukah kamu kalau ternyata kopi hitam baik bila diminum rutin setiap pagi? Bukan kopi sachet lho ya. Maksudnya kopi hitam ini adalah kopi yang langsung dari biji kopinya.

Berikut ini adalah alasan ilmiah mengapa kopi hitam baik bila kamu minum setiap pagi, seperti dilansir Kabaarterkini dari lifehack.

  • Baik untuk liver

coffee-caffeine-withdrawal

Minum kopi hitam benar-benar meningkatkan kesehatan livermu atau organ hati milikmu. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang minum empat atau lebih cangkir kopi sehari memiliki tingkat 80% lebih rendah terkena penyakit sirosis hati. Orang yang minum kopi hitam dalam jumlah yang sama ini juga memiliki tingkat 40% lebih rendah terkena kanker hati.

  • Bikin kamu lebih lebih pintar

11617-0-9f7f58778cda6397bf250d31f1195f7a

Kafein adalah stimulan psikoaktif. Ketika kamu minum kopi, kafein akan masuk ke dalam sistem pencernaan kamu, kemudian ke dalam aliran darahmu, dan akhirnya ke otak kamu. Di otak, kafein akan memblok salah satu neurotransmitter inhibisimu, yakni Adenosine, yang nantinya menyebabkan peningkatan neurotransmiter lain (yakni norepinefrin dan dopamin), dan menyebabkan neuron di otak kamu untuk berpikir lebih cepat.

  • Meningkatkan metabolisme tubuhmu sebesar 11%

black-coffee

Ingin menurunkan sedikit berat badan? Coba dengan minum kopi. Sebagai salah zat yang pernah berhubungan langsung dengan proses pembakaran lemak, kafein ditemukan di hampir setiap lemak yang terbakar atau suplemen penurun berat badan.

  • Kopi memberi nutrisi penting untuk tubuhmu
Cup of coffee. View from above on a wooden surface.
Cup of coffee. View from above on a wooden surface.

Jika kamu minum kopi, itu adalah sumber terbesar antioksidan. Beberapa nutrisi penting termasuk vitamin B2, B3, dan B5, Mangan, Magnesium, dan Kalium juga ada dalam kopi hitam.

  • Kopi hitam mengurangi risiko diabetes tipe 2

cup-emotions-2

Ketika kamu minum kopi hitam, studi menunjukkan rata-rata penurunan 7% risiko untuk diabetes pada setiap cangkir sehari.

  • Kopi hitam menurunkan risiko terkena Parkinson

01

Parkinson dikaitkan dengan penurunan dopamin. Dan karena kafein meningkatkan kadar dopamin di otak, minum kopi hitam mengurangi kemungkinan kamu terkena penyakit Parkinson.

  • Mengurangi depresi dan membuat bahagia

182839-kopi-hitam-pagi

Ingat, kafein pada kopi hitam meningkatkan dopamin di otak. Dopamin umumnya dikenal sebagai ‘zat kesenangan’, sehingga masuk akal bahwa mengonsumsi apa saja untuk meningkatkan dopamin akan membuat kamu lebih bahagia dan mengurangi depresi.

  • Kopi hitam menurunkan risiko terkena beberapa jenis kanker

large_coffe

Kopi bekerja dengan baik untuk mengurangi kemungkinan kanker kolorektal. Orang yang minum 4-5 cangkir kopi hitam sehari memiliki risiko 15% lebih rendah terkena kanker kolorektal, dan risiko 40% lebih rendah terkena kanker hati.

  • Kopi hitam mengurangi risiko penyakit jantung

hot-black-coffee-1680x1050

Mereka yang minum kopi secara teratur memiliki risiko 20% lebih sedikit terkena stroke, dan umumnya memiliki tingkat yang lebih rendah terkena penyakit jantung. Kafein meningkatkan denyut jantung kamu, sehingga kopi sebenarnya baik untuk kesehatan jantung.

  • Berfungsi untuk diuretik

black-coffee-for-weight-loss_1-1024x683

Kopi adalah zat diuretik. Ini berarti minum kopi akan membuat kamu buang air kecil lebih sering daripada jika kamu tidak minum kopi. Hal ini adalah hal yang baik dalam banyak kasus karena membantu membuat sistem tubuhmu dibersihkan.

Sudahkan kamu ngopi hari ini? Kesehatanmu lho… ~

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s