Jangan Anggap Remeh Penyakit Flu

Kabaarterkini – Sepanjang sejarah manusia, virus influenza telah bertanggung jawab dalam membunuh jutaan manusia. Sebagai contoh di tahun 1918 sampai dengan tahun 1919, ada sekitar 50 juta orang meninggal dunia akibat penyakit flu di Spanyol.

Kejadian ini jadi bukti nyata bahwa flu dapat sangat berbahaya hingga menyebabkan kematian.

Apalagi kini pergantian musim makin tak menentu, perkembangan kuman, bakteri, dan virus juga makin menyebar. Akibatnya membuat seseorang jadi mudah terkena pilek dan flu.

Nah, kalau udah berdekatan dengan orang yang terkena flu, kita harus jaga jarak setidaknya dalam radius 6 meter. Nah, selain itu masih ada lagi beberapa fakta mengejutkan Jangan Anggap Remeh Penyakit Flu, seperti dirangkum Kabaarterkini dari Viralnova.

  • Dimulai dari Amerika, sekitar 20% penduduk terkena flu setiap tahunnya.
fakta flu
fakta flu
  • Diperkirakan antara 3-5 juta orang mengalami kasus serius dari flu setiap tahun, dan 250.000-500.000 orang meninggal karena penyakit ini.
fakta flu
fakta flu
  • Para ilmuwan percaya bahwa pandemi flu terjadi dua atau tiga kali setiap abad.
fakta flu
fakta flu
  • Selama pandemi penyakit flu terjadi di Spanyol, Arizona sampai mengesahkan undang-undang yang membuatnya ilegal bagi orang untuk berjabat tangan.
fakta flu
fakta flu
  • Di Universitas Michigan, mahasiswa dapat diskors ketika tidak mengenakan masker selama Flu Spanyol.
fakta flu
fakta flu
  • Flu di Spanyol membunuh lebih banyak warga Amerika dalam satu tahun dibandingkan mereka yang tewas dalam pertempuran selama Perang Dunia I, Perang Dunia II, Perang Korea, dan Perang Vietnam.
fakta flu
fakta flu
  • Wabah yang sama membunuh lebih banyak orang dalam 24 minggu dibandingkan AIDS yang menyebabkan orang meninggal dalam 24 tahun.
fakta flu
fakta flu
  • Pandemi flu lebih ‘senang’ untuk menyerang anak muda atau orang yang sehat karena sistem kekebalan tubuh mereka akan bereaksi secara berlebihan untuk merusak apa yang terjadi di dalam tubuh.
fakta flu
fakta flu
  • Virus influenza bermutasi lebih dalam satu hari dan memiliki masa inkubasi yang termasuk singkat dengan gejala yang lebih parah sehingga dapat menghambat rutinitas penderita.
fakta flu
fakta flu
  • Virus influenza berukuran antara 20 dan 100 kali lebih kecil dari bakteri dan hanya dapat dilihat melalui mikroskop.
fakta flu
fakta flu
  • Masker wajah diyakini tidak banyak membantu dalam menghentikan penyebaran flu. Masker tidak membentuk segel ketat di sekitar wajah dan hanya memblokir benda berukuran besar, bukan virus yang berukuran sangat kecil yang bisa saja datang karena kontak dengan mulut dan hidung pemakainya.
fakta flu
fakta flu
  • Sebagian besar kasus kematian terkait flu disebabkan karena penyakit pneumonia oleh bakteri, komplikasi influenza.
fakta flu
fakta flu
  • Flu babi sebenarnya relatif jinak, namun sebuah pandemi pada Juni 2009 menyebabkan penyebaran infeksi di seluruh dunia dan terjadi peningkatan kasus kematian akibat virus H1N1 ini.
fakta flu
fakta flu
  • Gejala flu babi meliputi demam, batuk, sakit tenggorokan, hidung meler, nyeri tubuh, sakit kepala, menggigil, mual, dan kelelahan. Hal ini membuat sangat sulit untuk membedakan dari kasus biasa flu.
fakta flu
fakta flu
  • Babi rupanya jadi tempat berkembang biak yang sempurna untuk strain baru flu karena mereka dapat menginfeksi tiga spesies yang berbeda: babi, burung, dan manusia.
fakta flu
fakta flu

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s