Rekomendasi Gunung Untuk Para Pendaki di Indonesia

Kabaarterkini – Memiliki 17.000 pulau yang membentang dari Sabang – Merauke, membuat kebanyakan orang berfikir bahwa Indonesia hanya mempunyai spot wisata yang tak jauh dari pantai dan pulau-pulau eksotis. Siapa sangka, Indonesia ternyata juga menyimpan keindahan alam pegunungan yang tak bisa dipandang sebelah mata. Menjadi negara kepulauan yang terletak di pertemuan lempeng tektonik – Asia, Australia, Samudra Hindia dan Samudera Pasifik, membuat Indonesia “dibanjiri” 129 gunung api yang membuatnya menjadi negara dengan 13 persen dari gunung berapi di dunia. 129 gunung berapi ini mengelilingi berbagai tempat di Indonesia, dan dikenal dengan sebutan: Ring of Fire.

Gunung api di Indonesia yang beberapa aktif (beberapa sangat aktif) dan beberapa tidak, akan membuat kamu percaya bahwa Indonesia itu kaya akan segalanya!

Hebatnya lagi, ada beberapa gunung yang terletak dalam sebuah danau vulkanik dan beberapa dengan kawah yang menyemburkan api biru, sedangkan puncak tertinggi di Indonesia adalah Puncak Jaya di Papua dan danau vulkanik terbesar adalah Danau Toba di Sumatera.

Jika kamu seorang pecinta alam dan suka dengan aktivitas mendaki, berikut kami rangkum Rekomendasi Gunung Untuk Para Pendaki di Indonesia selagi masih ada  waktu, tenaga dan budger tentu saja.

  • Gunung Semeru, tempat penenang batin dari berisiknya hiruk-pikuk kota.

wisata-gunung-di-indonesia-gunung-semeru

Gunung Semeru adalah gunung tertinggi di Pulau Jawa, yang terletak di Malang, Jawa Timur. Gunung ini juga dikenal dengan nama Mahameru oleh penduduk setempat yang berarti Gunung Besar atau Gunung Agung. Kata ini berasal dari ajaran Hindu-Buddha dan dipercaya tempat di mana para dewa tinggal. Pendakian ke puncak Semeru membutuhkan waktu dua hari (empat hari pulang-pergi) dan treknya relatif mudah bagi mereka yang sering mendaki. Satu-satunya tantangan adalah kemiringannya saat akan sampai ke puncak.

  • Gunung Bromo, gunung api aktif paling ikonik punya Indonesia.

wisata-gunung-di-indonesia-gunung-bromo

Gunung Bromo, memiliki ketinggian 2329 mdpl, adalah salah satu gunung yang paling ikonik di Indonesia. Hal ini karena keindahan alamnya yang megah, di mana gagah berdiri antara panorama alam dan jejak-jejak sejarah masa lampau. Gunung Bromo merupakan salah satu gunung berapi paling aktif di dunia dan salah satu gunung yang paling sering dikunjungi. Banyak wisatawan jauh-jauh datang ke Bromo untuk melihat matahari terbit, di mana moment ini tidak boleh dilewatkan.

  • Setelah menjaring sunrise di Bromo, lanjutkan perjalananmu ke Kawah Ijen.

wisata-gunung-di-indonesia-kawah-ijen

Kawah Ijen merupakan gunung di tanah Jawa yang populer setelah Gunung Bromo. Banyak wisatawan mengunjungi Kawah Ijen setelah melihat Sunrise di Gunung Bromo. Di dalam kawah, kamu akan melihat sebuah danau pirus sulfur megah yang memancarkan api, api biru di malam hari dan putih berasap di siang hari. Kamu juga akan bertemu banyak pembuat barang kerajinan berbahan sulfur. Gunung Ijen mengandung asam vulkanik terbesar di dunia yang akan bersinar indah ketika malam tiba. Pada malam hari danau akan menyemburkan api biru yang membuat banyak orang rela berjalan kaki malam-malam untuk melihatnya.

  • Jajal pijakkan kakimu di Gunung Krakatau, yang konon jadi pelaku atas terbelahnya Pulau Sumatera dan Pulau Jawa.

ANAK GUNUNG KRAKATAU

Gunung Krakatau adalah pulau gunung vulkanik yang terletak di Selat Sunda antara pulau Jawa dan Sumatera. Letusan Gunung Krakatau pada tahun 1883 telah tercatat sebagai salah satu peristiwa vulkanik yang paling dahsyat yang pernah tercatat. Ledakan besar tersebut bahkan terasa di Australia dan India (4.000 km dari Indonesia). Ledakan ini menimbulkan tsunami besar dan menewakan lebih dari 35.000 orang. Kamu bisa menikmati pemandangan letusan Krakatau pada malam hari dan tentu saja dengan ijin dari pos jaga di sekitaran area Gunung Krakatau.

  • Ingin raih dua puncak gunung sekaligus? Cobalah trek Gunung Merbabu.

Gunung Merbabu as seen from Mt. Merapi.  Near Yogyakarta, Indonesia.

Gunung Merbabu adalah satu-satunya gunung berapi yang dalam daftar ini masih belum begitu populer dan jarang dikunjungi, namun tentu saja tak menghilangkan keindahan panorama alamnya. Letak Gunung Merbabu sendiri bersebelahan dengan Gunung Merapi dan berada di ketinggian 3142 mdpl. Untuk mencapai puncak, trek dilalui cukup menantang, ada dua puncak, yakni Puncak Syarif (3119 mdpl) dan Puncak Kenteng Songo (3142 mdpl). Kedua puncak ini membentuk sebuah lembah berbentuk U. Sejak tahun 2014 daerah di sekitaran gunung telah dinyatakan sebagai taman nasional.

  • Gunung Kerinci, tempat yang akan membawamu ke dunia fantasi.

Tempat Wisata Gunung Rinjani di Lombok Utara

Gunung Kerinci merupakan gunung berapi tertinggi di Indonesia dan puncak tertinggi di Sumatera. Gunung ini masuk dalam kawasan Taman Nasional Kerinci yang merupakan rumah bagi spesies terancam punah, seperti Harimau Sumatera dan Badak Sumatera. Untuk mendaki Gunung Kerinci kamu akan membutuhkan waktu 3 hari 2 malam. Ada 15 danau yang mengelilingi Gunung Kerinci dengan satu danau menjadi danau tertinggi di Asia Tenggara pada tahun 1996 yang disebut Danau Gunung Tujuh (ada 7 puncak di sekitar danau ini). Danau terbesar di sini adalah Danau Kerinci dengan luas 4200 hektar.

  • Coba ke Gunung Agung, kamu akan bertemu banyak hal-hal keren di sini.

wisata-gunung-di-indonesia-gunung-agung

Gunung Agung, berdiri tegak di ketinggian 3142 m di timur adalah gunung tertinggi di Bali. Gunung ini memegang makna spiritual bagi masyarakat Bali (Pura Besakih). Legenda mengatakan bahwa Pura tersebut diciptakan ketika Pasupati membagi Gunung Meru yang merupakan sumbu spiritual alam semesta. Gunung ini dapat didaki dengan waktu 6-7 jam. Dalam perjalanan kamu bisa mengunjungi Pura Pasar Agung yang merupakan salah satu dari sembilan pura eksotis di Bali. Ada juga Pura Besakih yang berdiri dramatis di lereng selatan Gunung Agung.

  • Ingin daki gunung di Bali dan hanya butuh waktu 2 jam saja untuk sampai puncak? Coba ke Gunung Batur.

49847_t00070_infinitephotos_files_wordpress_com_2012_08_20120823112429

Salah satu gunung populer di Bali, Gunung Batur merupakan gunung berapi aktif yang berdiri di ketinggian 1700 mdpl. Banyak wisatawan melakukan pendakian dengan waktu 2 jam saja. Di puncak kamu akan disajikan pandangan matahari terbit dan pulau-pulau eksotis di sekitarnya. Mendaki ke Gunung Batur juga menjadi salah satu kegiatan populer yang harus kamu lakukan ketika menginjakkan kaki di Bali.

  • Nih, gunung dengan pesona danau epiknya yang mendunia Gunung Kelimutu.

gunung-kelimutu

Gunung Kelimutu adalah rumah bagi danau tiga warna yang terkenal dan pesonanya sungguh memikat. Danau yang memiliki warna biru, hijau dan merah ini adalah karena adanya zat vulkanik dan perubahan warna tergantung pada musimnya. Kamu akan disuguhkan panorama alam yang tak mungkin dilupa. Puncak tertinggi di sini adalah Gunung Kelibara (1713m). Gunung Kelimutu sendiri terletak di Taman Nasional Kelimutu, Flores Tengah.

  • Gunung Rinjani, gunung yang akan membuatmu lebih dan semakin percaya Indonesia itu keren.

wisata-gunung-di-indonesia-gunung-rinjani

Gunung Rinjani adalah gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia dengan ketinggian 3726 m. Gunung yang terletak di Lombok ini juga salah satu gunung berapi yang paling aktif di Indonesia. Di Gunung Rinjani kamu bisa juga bisa melihat danau kawah yang disebut Segara Anak. Banyak peziarah datang setiap tahun ke danau ini untuk melakukan ritual adat kepada para leluhur. Untuk mendaki gunung Rinjani kamu membutuhkan waktu dua hari di mana kamu juga akan melihat pemandangan epic di sekitaran gunung. Karena Lombok menjadi salah satu tempat wisata yang sedang berkembang di Indonesia, kamu juga akan berjumpa dengan banyak wisatawan yang tengah mendaki.

  • Bonus nih : Puncak Jaya Wijaya, untuk mendaki ke salah satu gunung tertinggi di dunia ini kamu harus siap lahir batin dulu ya…

wisata-gunung-di-indonesia-gunung-puncak-wijaya

Puncak Jaya adalah salah satu dari tujuh puncak tertinggi di dunia dan satu-satunya gunung di Indonesia yang memiliki tumpukan salju (Gletser). Puncak Jaya adalah titik tertinggi di antara Himalaya dan Andes. Puncak Jaya sendiri terletak di Taman Nasional Lorentz, Papua. Pendakian ke gunung ini sangat memerlukan keahlian khusus dan terbilang sulit, oleh karena itu bila kamu berencana untuk mendaki Puncak Jaya disarankan untuk mempersiapkan diri, baik fisik maupun mental.

Nah, itulah Rekomendasi Gunung Untuk Para Pendaki di Indonesia. Ada yang sudah pernah mendaki gunung di atas? Atau berencana ingin?

Advertisements

One thought on “Rekomendasi Gunung Untuk Para Pendaki di Indonesia

  1. Pingback: Rekomendasi Gunung Untuk Para Pendaki di Indonesia — Kabaarterkini – Kamurang Pecinta Alam 302

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s