Penelitian Sains Yang Menghabiskan Waktu Terlama di Dunia

Kabaarterkini – Penelitian seringkali dideskripsikan sebagai suatu proses investigasi yang dilakukan dengan aktif, tekun, dan sistematis, yang bertujuan untuk menemukan, menginterpretasikan, dan merevisi fakta-fakta.

Proses penelitian ini tentu membutuhkan waktu. Tak jarang, ada Penelitian Sains Yang Menghabiskan Waktu Terlama di Dunia.

Sebagaimana 5 penelitian yang Kabaarterkini rangkum dari National Geographic Indonesia, Rabu (14/9), berikut ini:

  • Menghabiskan 85 tahun untuk percobaan viskositas

452849-1000xauto-penelitian-ilmiah-terlama-di-dunia

Percobaan dimulai pada tahun 1927 oleh Profesor Thomas Parnell dari Universitas Queensland di Brisbane, Australia, untuk menunjukkan kepada mahasiswanya bahwa beberapa zat yang terlihat padat sebenarnya memiliki tingkat visk yang tinggi.

452851-1000xauto-penelitian-ilmiah-terlama-di-dunia

Berpuluh-tahun lamanya, ia mengukur aliran dari sejumlah bahan cair dengan tingkat kekentalan tinggi (hampir menyerupai substansi padat) ditempatkan dalam suhu ruang. Menunggui aliran yang sangat lambat itu membutuhkan waktu hingga tahunan untuk satu buah tetesan. Cairan itu mengalir melalui corong dan menetes, sekitar satu tetes tiap enam hingga 12 tahun lamanya

  • Menghabiskan 90 tahun untuk mengidentifikasi jenius

right-left-brain-genius-ss-1920

Lewis Terman, ahli psikologi dari Stanford University, California mengawali sebuah studi terpanjang dalam perkembangan kepribadian manusia. Pada tahun 1921, ia menelusuri sekitar 1500 anak jenius berbakat. Lalu mulailah dikembangkan studi terhadap mereka, salah satu studi yang pertama di dunia, hingga sembilan dekade ke depan.

Dan sekarang ini telah diperoleh catatan mendalam tentang perkembangan manusia, khususnya faktor para jenius. Tujuan utama Terman adalah menyanggah asumsi umum bahwa anak-anak berbakat tidak mampu bersosialisasi.

  • Menghabiskan 170 tahun untuk menguji kandungan pupuk

452855-1000xauto-penelitian-ilmiah-terlama-di-dunia

Riset yang menguji berbagai efek pupuk buatan dan pupuk organik pada produksi tanaman sejak tahun 1843 ini adalah salah satu contoh bukti bahwa riset jangka panjang memerlukan pengumpulan data yang berlimpah. Bermula dari John Lawes hingga Andy Macdonald yang mewarisi data penelitian ini pada 2008. Riset agrikultural ini dilakukan di suatu desa perkebunan di utara London, Inggris bernama Rothamsted.

Dari data yang ‘dituai’, sejauh ini, pupuk nitrogen punya pengaruh terkuat, diikuti dengan fosfor. Panenan data Rothamsted telah mencapai 300.000 tanaman yang diawetkan serta sampel tanah. Pada 2003, ilmuwan mengekstraksi DNA dua patogen gandum, dari data yang diambil di 1843 dan menemukan efek dominan emisi sulfurdioksida oleh industri.

  • Menghabiskan 170 tahun untuk memantau gunung Vesuvius

mtvesuviusfromspace

Konsistensi aktivitas Gunung Vesuvius selama ribuan tahun telah menyebabkan gunung ini berada di tangga teratas sebagai predikat gunung berapi yang dianggap berbahaya. Erupsi terakhir Gunung Vesuvius pada 79 M memusnahkan dan mengubur Pompeii, sebuah kota zaman Romawi kuno.

Observatorium Vesuvius merupakan stasiun pengamatan vulkanologi tertua di dunia. Sudah secara terus-menerus memantau dari dekat gunung tersebut sejak tahun 1841. Sejak saat itu pula Observatorium Vesuvius mencatat semua perubahan seismik dan gejala lainnya untuk mensinyalir apabila ada bencana mendekat.

  • Menghabiskan 400 Tahun menghitung titik matahari

foto-transit-titik-hitam-di-sudut-matahari-itu-disebut-venus

Para astronom mulai merekam kemunculan bintik matahari sejak teleskop diciptakan 400 tahun lalu. Para pengamat awal tentunya belum punya data mengenai titik hitam di permukaan Matahari itu. Lalu pada tahun 1848, Rudolf Wolf, seorang astronom Swiss membuat kalkulasi sistematis yang diadopsi sebagai formula dan digunakan secara internasional dalam menghitung titik matahari. Kemudian pada 2011, Frédéric Clette mulai mengumpulkan sedikit demi sedikit hasil foto dan gambar dari 500 orang sejak tahun 1700 dari sekurang-kurangnya 90 pengamat.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s