Wisata Unik di Indonesia

Kabaarterkini – Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang
banyak memiliki kekayaan alam yang berlimpah. Salah satunya adalah memiliki keindahan alam yang sangat beragam, unik dan menakjubkan. Seperti Kawah Ijen yang dapat mengeluarkan Blue Fire di permukaan kawahnya, Pulau Segajah yang hanya muncul pada siang hari atau Danau Labuan Cermin yang memiliki air asin dan air tawar di dalamnya serta masih banyak lagi Tempat Wisata Unik Di Indonesia yang dapat Anda telusuri keunikannya.

Berikut ini adalah tempat Wisata Unik di Indonesia yang dapat Anda telusuri saat berlibur ke Indonesia bersama teman atau keluarga.

  • Kawah Ijen, Jawa Timur

ac1

Kawah Ijen adalah sebuah danau kawah yang bersifat asam yang berada di puncak Gunung Ijen pada ketinggian 2.443 mdpl dengan kedalaman danau sekitar 200 meter. Danau seluas 5.466 hektar dikenal sebagai Danau Air Asam Terbesar Di Dunia. Danau yang terletak di wilayah Cagar Alam Taman Wisata Ijen Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur memiliki fenomena unik adanya Blue Fire atau Api Biru.

Setiap dini hari dari jam 02.00 – 04.00 di sekitar kawah akan terlihat fenomena Blue Fire. Pemandangan yang sangat menakjubkan ini hanya terjadi di dua tempat di dunia yaitu di Islandia dan di Ijen. Dari Kawah Ijen Anda dapat melihat pemandangan gunung lainnya yang ada di kompleks Pegunungan Ijen diantaranya adalah Puncak Gunung Merapi yang berada di sebelah timur dari Kawah Ijen Gunung Raung, Gunung Suket, Gunung Rante dan lain sebagainya.

  • Pulau Komodo Nusa Tenggara Timur 

ac2

Pulau Komodo adalah salah satu Wisata Unik yang hanya terdapat Di Indonesia. Pulau yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur ini dikenal sebagai tempat habitat asli dari hewan Komodo. Pulau ini juga merupakan kawasan Taman Nasional Komodo.

Pulau Komodo, merupakan satu-satunya tempat di dunia dimana hewan Komodo berada dan berkembang biak dengan baik. Hingga bukan Agustus 2009, di pulau ini terdapat sekitar 1.300 ekor Komodo ditambah dengan pulau lain disekitarnya yaitu Pulau Rinca dan Pulau Gili Motang. Jumlah mereka secara keseluruhan sekitar 2.500 ekor.

Selain Komodo, Pulau ini juga menyimpan eksotisme flora yang beragam seperti Kayu Sepang yang oleh warga setempat dijadikan obat dan bahan pewarna pakaian serta Pohon Nitak (stercullia oblongata) yang diyakini berguna sebagai Pohon Obat, Bijinya gurih dan enak seperti Kacang Polong.

Pulau Komodo juga diterima sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO serta dinobatkan sebagai salah satu dari New Seven Wonders of Nature pada tahun 2010.

  • Pantai Tangsi, Nusa Tenggara Barat

ac3

Pantai Tangsi atau yang lebih dikenal dengan Pantai Pink (Pink Beach) terletak di Desa Sekaroh Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat merupakan salah satu Destinasi Wisata yang menarik dan unik untuk Anda kunjungi. Pantai ini merupakan salah satu dari tujuh pantai di dunia yang memiliki pasir berwarna merah muda (pink) dan satu lagi Pink Beach di Pulau Padar, Nusa Tenggara Timur.

Warna pasir berwarna pink terbentuk karena butir-butir asli pasir berwarna putih bercampur dengan serpihan karang merah muda. Bia matahari dan terpaan air laut menambah semakin jelas terlihat warna pink pada pasir pantai tersebut. Pantai ini juga begitu tenang dengan riak ombaknya yang kecil sehingga Anda akan merasa nyaman berlibur ke pantai ini.

Keindahan Pantai Pink semakin sempurna dengan hamparan bukit hijau di sekelilingnya. Di sisi kiri ada bukit dengan padang rumput yang luas dan dari bukit inilah Anda dapat menyaksikan Keindahan Pantai Pink yang unik ini. Selain itu ada juga tanjung yang eksotis di sisi kanan dengan gazebo yang memang disediakan diatasnya.

Letaknya yang tersembunyi dan jauh dari pusat kota menjadikan pantai ini terjaga keasriannya.

  • Danau Kakaban, Kalimantan Timur

ac4

Danau Kakaban adalah danau air laut yang terperangkap di Pulau Kakaban bercampur dengan air tanah dan air hujan sejak 2 juta tahun yang lalu. Danau Kakaban merupakan Danau Prasejarah yang terbentuk sejak zaman peralihan Holosin. Danau seluas sekitar 5 kilometer persegi berdinding karang terjal sedalam 50 meter itu menyebabkan air laut yang masuk ke danau ini tidak bisa keluar lagi dari dalam danau.

Karena perubahan dan evolusi yang cukup lama oleh air tanah dan air hujan, air danau ini kemudian menjadi lebih tawar dibandingkan dengan air laut pada umumnya. Perubahan ini berdampak juga pada adaptasi fauna laut yang di dalam danau. Salah satunya adalah hewan Ubur-ubur.

Danau unik ini memiliki empat jenis ubur-ubur. salah satunya adalah dari jenis Cassiopea. Jenis ubur-ubur ini memiliki keunikan tersendiri dimana ubur-ubur ini berjalan dengan kaki terbalik sehingga banyak ilmuwan dan penyelam ingin mengetahui evolusi terhadap fauna laut yang akhirnya berprilaku aneh demi mempertahankan hidup mereka.

Di dunia tempat seperti ini hanya dapat ditemukan di Danau Ubur-ubur Palau, Kepulauan Micronesia di kawasan tenggara Laut Pasifik. Dengan demikian Pulau Kakaban merupakan satu-satunya pulau di Indonesia yang mempunyai Danau Ubur-ubur.

  • Danau Labuan Cermin

ac7

Danau Labuan Cermin adalah salah satu Tempat Wisata Paling Unik Di Indonesia yang terletak di Desa Biduk-Biduk, Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur. Warna air danau ini bergradasi dari warna biru tua, biru muda, putih dan hijau di luar area danau. Sesuai dengan namanya, Danau ini memiliki air yang sangat jernih seperti cermin. Dasar danau_pun dapat terlihat dengan jelas dari atas permukaan air.

Di danau ini kita bisa berenang, menyelam dan snorkeling, Danau Labuan Cermin merupakan danau campuran air asing dengan air tawar. Permukaan air danau akan terasa asin seperti air laut sementara pada dasar danau akan terasa tawar seperti air tanah. Saat kita menyelam agak kedalam, perbedaan rasa air danau ini akan terasa perbedaannya. Hal itu pula yang menyebabkan biota di dalam danau ini sangat beragam.

  • Danau Tiga Warna Kelimutu, Nusa Tenggara Timur

ac8

Gunung Kelimutu adalah gunung berapi yang terletak di Pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia atau tepatnya berada di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu di Kabupaten Ende. Gunung ini memiliki tiga buah kawah di puncaknya yang dikenal dengan Danau Tiga Warna Kelimutu. Ketiga warna danau tersebut adalah Biru, Merah dan Putih. Walaupun begitu ketiga warna tersebut selalu berubah-ubah seiring dengan perjalanan waktu.

Keberadaan Danau Tiga Warna Kelimutu pertama kali ditemukan oleh orang lio Van Such Telen, warga negara Bapak Belanda Mama Lio pada tahun 1915. Keindahannya mulai dikenal luas setelah Y. Bouman melukiskannya dalam sebuah tulisan pada tahun 1929. Sejak saat itu Wisatawan Mancanegara mulai berdatangan menikmati keindahan danau yang terkenal angker oleh masyarakat setempat.

Mereka yang datang bukan hanya para pcinta keindahan alam tetapi banyak juga peneliti yang ingin mengetahui kejadian alam sangat unik ini. Kawasan Kelimutu saat ini telah ditetapkan sebagai Kawasan Konservasi Alam Nasional sejak 26 Februari 1992.

Nah itulah tempat Wisata Unik di Indonesia yang hanya dapat Anda saksikan di Indonesia. Semoga artikel ini menjadi bahan referensi saat Anda berencana untuk datang berlibur ke Indonesia.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s