Kabaarterkini – Situs e-commerce seperti Tokopedia kerap menjadi kambing hitam atas beredarnya smartphone ilegal. Tak mau berlarut, Tokopedia pun dengan tegas mengeluarkan kebijakan yang isinya menghapus semua smartphone black market yang beredar di lapaknya.

Adapun smartphone yang dimaksud dalam pemberitahuan di aplikasi mobile Tokopedia antara lain iPhone 6s, 6s Plus, 7 dan 7 Plus. Menurut keterangan, aksi penyetopan jual beli smartphone Apple itu sebagai bentuk kepatuhan Tokopedia terhadap pemerintah, khususnya Kementerian Perdagangan RI. “Sesuai pemberitahuan resmi dari Kementerian Perdagangan Indonesia, produk iPhone 6s, 6s Plus, 7 dan 7 Plus kami hapus demi kenyamanan dan keamanan pelaku usaha,” demikian dikutip Kabaarterkini dari aplikasi Tokopedia, Kamis (10/11/2016).

Informasi yang masuk dalam kolom Info Terbaru ini hanya ada di aplikasi mobile. Ketika Kabaarterkini coba mengeceknya di situs desktop, tidak ada informasi terkait. Begitupula ketika kami mencoba untuk mencari empat iPhone yang dimaksud, muncul hasil yang nihil. Yang ada hanyalah hasil pencarian berupa aksesoris keempat iPhone tersebut.

Lain Tokopedia, lain pula Bukalapak dan OLX. Di kedua situs e-commerce tersebut kami masih menemukan ada pedagang yang berjualan iPhone 6s dan iPhone 7 Plus. Entah apakah kedua lapak ini mendapat surat resmi seperti Tokopedia atau tidak

Advertisements