Kabaarterkini – Pabrikan sepeda motor ternama KTM Motorrad AG, Husqvarna, dalam waktu dekat segera memproduksi motor retro 401 Vitpilen dan 401 Svartpilen. Sebelumnya, motor yang dibangun dari KTM Duke 390 dan KTM RC 390 itu merupakan motor konsep yang dipamerkan di ajang EICMA 2014, lalu di Milan, Italia.

Dilansir Motorbeam, Kamis 15 Januari 2015, kabar itu menyeruak ke publik setelah media asal Swedia, Bike.se, melaporkan keduanya akan diproduksi pada 2017. Informasi itu didapatnya setelah berhasil mendapatkan kabar dari Managing Director Husqvarna, Reinhold Zens.

”Saya bisa katakan jika keduanya akan datang sebagai model 2017. Namun, dua motor ini tidak akan hadir sama persis dengan konsepnya,” kata Zens. “Tetapi jika bicara styling keseluruhan akan tetap sama.”

Husqvarna menampilkan dua konsep 401 dengan julukan 401 Vitpilen dan 401 Svartpilen. Keduanya ber-genre retro dengan mengambil basis sasis dan mesin dari KTM RC390. Svartpilen lebih mengarah ke gaya street tracker. Hal itu terlihat dari pengadopsian ban semi off-road, dan knalpot tinggi, khas pelahap jalanan semi off-road. Sedangkan Vitpilen bergaya cafe racer modern, yang hadir dengan setang pendek dan dubur bergaya buntut tawon.

290039_husqvarna-401-svartpilen-concept-_663_382

Huqvarna 401 Vitpilen, dikenal dengan julukan “Panah Putih”. Motor ini tampil dengan fitur mesin bersumber dari KTM 390. Motor ini sepintas memang hadir dengan bingkai dan tubuh yang minimum. Hal ini ditempuh untuk memberikan manuver yang lebih baik.

Husqvarna 401 Vitpilen dijejali mesin 4-stroke liquid-cooled, yang dapat menyemburkan tenaga sebesar 40 Horse Power. Motor ini juga tampil sangar dengan penjejalan ban slick dengan grip yang besar. Tak heran jika nantinya motor ini akan memiliki kemampuan luar biasa di trek off-road.

ladm-401-vitpilen-1

Sedangkan Husqvarna 401 Svartpilen, hadir dengan warna gelap. Dengan gaya tersebut, perusahaan kemudian menjulukinya sebagai “Panah Hitam”.

Berbeda dengan 401 Vitpilen, 401 Svartpilen datang dengan kerangka tubuh sedikit lebih lebar. Meski dijejali dengan mesin yang sama dengan saudaranya, 401 Svartpilen memiliki desain bodi lebih tajam dan agresif.

Rumor menyebutkan jika kedua motor ini akan diproduksi di Tanah Hindustan, India. Tetapi, Husqvarna belum mengonfirmasi kabar tersebut.

Advertisements