Inilah Jembatan Paling Mengerikan di Dunia !

Kabarterkini – Siapa yang tidak mengenal jembatan? Jembatan sejak dulu digunakan untuk menuju poin A ke poin B, menyebrangi jurang atau rintangan seperti sungai, rel kereta api, ataupun jalan raya.

Bangunan yang digunakan untuk menyebrang ini juga dapat digunakan manusia, dan berbagai macam kendaraan. Menjadikannya sangat vital dalam transportasi darat dalam alur lalu lintas.

Jembatan dapat dibuat dengan berbagai macam material yang kokoh. Dulu manusia membuat jembatan dengan batang pohon atau papan, menggunakan titik tumpang sederhana dan pengaturan palang yang bervariasi. Namun sepanjang perkembangan zaman, manusia mulai memanfaatkan batu untuk membuat jembatan.

Pada Revolusi Industri di abad ke-19, rangka menggunakan besi sudah mulai diterapkan guna memajukan pembuatan jembatan. Struktur besar umumnya menggunakan tensile strength (kekuatan ketegangan) yang cukup untuk menopang beban besar.

Jembatan yang lebih besar dan tinggi dengan tensile strength umumnya dibuat dengan ide Gustave Eiffel, pertama kali diperlihatkan pada Menara Eiffel di Paris, Prancis.

Sekarang ini berbagai macam jembatan indah, menantang ataupun mengerikan telah dibuat oleh manusia. Ada yang menyebutnya sebagai rancang-bangun unik dan keanehan dunia, namun jembatan-jembatan ini akan membuat Anda heran sekaligus penasaran sebab apa yang mereka lintasi terlihat begitu mengerikan.

Berikut daftar jembatan paling mengerikan menurut Kabarterkini :

  • Jembatan Aiguille du Midi

sumber-corural

merupakan bagian dari sejumlah gunung-gunung tinggi di Mont Blanc, Prancis. Kereta gantung akan membawa pengunjung ke tempat yang memiliki beranda untuk melihat pandangan, kafe dan jembatan luar biasa yang mempesona. Dalam bahasa Indonesia, jembatan tersebut berarti jarum Selatan (Needle of the South), yang memberikan indikasi tentang ketinggian jembatan. Di tengah-tengah pegunungan Alpin, jembatan kecil dari besi ini mengalihkan pengnjung menuju tebing-tebing berbatu.

  • Jembatan Carrick A Rede Rope

carrick-a-rede-rope-bridge-ireland

Jembatan Carrick A Rede Rope adalah penyebrangan dekat Ballintoy, Irlandia Utara, menghubungkan daratan utama dengan pulau kecil bernama Carrickarede. Jembatan ini memiliki panjang 20 meter dan berada pada ketinggian 30 meter di atas bebatuan. Penyeberangan ini menjadi daya tarik wisata dan dikelola oleh National Trust. Pengunjung terbanyak mencapai 240.000 orang pada tahun 2009.

  • Bridge of Immortals

79096a85eda4d89d968f1c60f63fa853

Disebut sebagai Bridge of Immortals atau jembatan para manusia abadi, jembatan Huangshan di Pegunungan Kuning di China merupakan penyebrangan tertinggi di dunia. Jembatan ini sering dijadikan obyek fotografi dan subyek dari seni dan literatur. Tebing-tebing bebatuan pada sudut 90 derajat untuk mencapai jembatan, akan memberikan rasa gugup kepada pendaki dan petualang terbaik di dunia.

  • Jembatan Cherrapunji

living-bridges-of-cherrapunji-india-iv

Jembatan yang tak biasa di Cherrapunji di Meghalaya ini terbentuk dari akar hidup yang tumbuh sebagai penyokong jembatan. Penampilan jalan setapak ini pun begitu mempesona.  Penyebrangan ini terletak di dalam lokasi terbasah di dunia, yang memiliki kabut tebal, hujan deras, air terjun tertinggi di India dan pemandangan yang mempesona dan lingkungan paling ramah lingkungan yang pernah dilihat.  Jembatan berakar tingkat dua Umshiang ini diduga merupakan satu-satunya di dunia dari jenisnya, dengan 2 jembatan saling bertumpuk.

  • Jembatan Gantung Mackinac

mackinac-bridge-pictures-1920x1080-3110

Penyebrangan gantung terpanjang antar pelabuhan ini dijuluki ‘Big Mac’ atau ‘Mighty Mac’ menjadi destinasi yang wajib bagi pengunjung Michigan. Jembatan ini dibuka pada tahun 1957 dan merupakan yang terpanjang ke-16 di dunia, dan terpanjang antar pelabuhan di belahan Bumi Utara dengan panjang 8,038 meter.

  • Jembatan di atas Sungai Arkansas

jembatan-gorge-di-atas-sungai-alkansas1

Jembatan di atas Sungai Arkansas ini menjulang setinggi 291 meter, dan dulu menjadi penyeberangan tertinggi di dunia. Struktur raksasa ini menarik ribuan wisatawan setiap tahunnya, dan memiliki pemandangan yang mempesona dari Taman Royal George. Pecandu adrenalin gemar mengunjungi lokasi ini karena berbagai macam kegiatan yang digelar di sana, seperti bungee jumping, flying fox, Royal Rush SkyCoaster dan masih banyak lagi.

Sekian info menarik dari Kabarterkini ,Ayo beranikah anda-anda untuk melintasi jembatan-jembata ekstrem tersebut?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s