Cara Mengatasi Batu Ginjal

Kabarterkini – Penyakit Batu ginjal merupakan salah satu penyakit paling umum yang menyerang pekerja kantoran di kota besar. Penyakit ini terjadi ketika ginjal kotor sehingga kemudian terbentuklah batu di dalamnya,

kidney-stone
Batu Ginjal

Penyakit ini biasanya tidak terlalu disadari oleh penderitanya, dan mengira hanya menderita sakit pinggang biasa. Sampai kemudian, batu tadi turun ke saluran pencernaan dan menimbulkan rasa sakit luar biasa.

Jika tidak ditanggulangi dan dihilangi, hal ini dapat berujung pada gagal ginjal.

Dilansir dari laman Prevention, ditulis Selasa, berikut ini adalah Cara Mengatasi Batu Ginjal.

  • Perbanyak minum air putih

Tipikal batu ginjal timbul akibat kalsium dan apakah itu fosfat atau oksalat, yaitu zat-zat mineral yang diserap oleh tubuh dari makanan dan normalnya dibuang melalui cairan urine. Ketika urine menjadi terlalu pekat, mineral-mineral tersebut bisa mengkristal dan membentuk sebuah batu. Cobalah untuk meminum 8 gelas air putih dalam sehari untuk menjaga urine Anda agar tidak pekat.

  • Bergeraklah

Sedikit olahraga ringan bisa mengurangi resiko Anda sebesar 33 persen, menurut sebuah studi pada Journal of the American Society of Nephrology. Cukup habiskan waktu 3 jam berjalan selama seminggu atau 1 jam berlari santai dapat merubah bagaimana cara tubuh Anda mengatasi mineral yang berasal dari makanan yang dapat mengurangi resiko ginjal Anda membentuk sebuah batu.

  • Hindarilah soda

Sebuah studi terbaru dari Brigham and Women’s Hospital menemukan bahwa orang-orang yang meminum paling tidak 1 minuman ringan yang memakai pemanis gula mempunyai resiko tinggi sebesar 23 persen untuk mengalami pembentukan batu ginjal dibandingkan dengan mereka yang kurang meminum kurang dari 1 minuman dalam seminggu. Kenapa? Zat fruktosa pada minuman tersebut akan meningkatkan kalsium, oksalat, dan ekskresi asam urat, yang berkontribusi pada pembentukan batu.

  • Tingkatkan asupan kalsium Anda

Karena batu ginjal biasanya terbentuk dari kalsium, para dokter terbiasa berpikir untuk menghindari mineral ini sebagai pencegahan. Sekarang, justru hal yang berlawanan lebih benar, makanan berkalsium justru bisa melindungi dari batu dengan cara mengikat oksalat pada usus dan mencegahnya mencapai ginjal.

  • Minumlah kopi di pagi hari

Orang-orang yang meminum paling tidak 1 cangkir kopi berkafein mempunyai resiko 26% lebih rendah terkena batu ginjal, 16% untuk peminum kopi non-kafein, dan 11% untuk para peminum teh, menurut studi dari Clinical Journal of the American Society of Nephrology.

  • Berhati-hatilah dengan gejala ini

Sindrom metabolis adalah kondisi serius yang berhubungan dengan serangan jantung, diabetes, dan bahkan kematian. Ini ditandai dengan paling tidak 3 dari 5 ciri-ciri ini: kelebihan lemak pada area perut, tingkat trigliserida yang tinggi dalam darah, HDL (kolesterol baik) yang rendah, tekanan darah tinggi, dan gangguan toleransi glukosa. Memiliki 2 gejala diatas akan meningkatkan peluang Anda terkena batu ginjal sebesar 54%, dan 70% jika Anda memiliki 3 ciri diatas.

  • Kurangilah protein

Para ahli mengatakan, terlalu banyak makanan protein akan menciptakan kondisi ideal bagi batu ginjal untuk berkembang. Cobalah untuk mengurangi asupan daging Anda.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s